NTT Punya 4 SPKLU, Satunya di Pulau Sumba

Loading

Sumba, Garda Indonesia | PLN terus mendukung ekosistem kendaraan listrik di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Salah satunya dengan terus menambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di beberapa pulau di NTT.

Bersinergi dengan Pemerintah Daerah Sumba Timur, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur (UIW NTT) meresmikan satu unit SPKLU pada Selasa, 10 Januari 2022 di Waingapu. SPKLU Mamuli merupakan pertama di Pulau Sumba.

Pemda Sumba Timur yang diwakili  Sekretaris Daerah Umbu Ngadu Ndamu, S.H., MSi. menyambut baik langkah PLN dalam mendorong ekosistem kendaraan listrik di Pulau Sumba yang merupakan daerah wisata sebagai potensi utama daerah.

“Dengan adanya infrastruktur kendaraan listrik yang masif, maka masyarakat semakin familiar dengan kendaraan listrik. Semuanya berawal dari listrik, Ini adalah SPKLU pertama dan pemerintah daerah sangat mengapresiasi langkah PLN,” ujarnya.

Sekda Sumba pun menekankan akan memanfaatkan demi kepentingan masyarakat juga seluruh pihak. “Kita melihat Sumba sebagai masa depan pariwisata Indonesia dan dengan hadirnya SPKLU Mamuli yang menjunjung kearifan lokal dan dikenal sebagai tanda keberkahan. Di sini pusat pariwisata, menjadikan kota ini lebih hidup, semakin praktis dalam melakukan pengisian, tidak mengantre, tidak berbau bahan bakar, ramah lingkungan,” ungkapnya.

General Manager PT PLN (Persero) UIW NTT Fintje Lumembang menyampaikan bahwa peresmian SPKLU Mamuli ini merupakan langkah untuk mendukung kendaraan listrik sebagai salah satu instrumen promosi dan branding transportasi ramah lingkungan yang akan memberikan dampak signifikan terhadap kemajuan kendaraan listrik di Pulau Sumba.

“Semoga hadirnya SPKLU Mamuli ini dapat mendukung sustainable eco tourism di Pulau sumba sebagai daerah pariwisata ramah lingkungan,” harap Fintje.

Selain itu, hadirnya SPKLU sebagai wujud dukungan PLN terhadap komitmen Indonesia dalam perubahan iklim, menuju energi berkelanjutan, mengelola transisi energi sampai net zero emission yang telah menjadi target di tahun 2060.

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di NTT saat ini tersebar di 4 (empat) lokasi yakni Kota Kupang, Labuan Bajo, Atambua dan Sumba. Di mana SPKLU Mamuli adalah SPKLU pertama di Pulau Sumba yang berlokasi di Jl. Eltari, Matawai Kecamatan Kota Waingapu. Lokasinya berada pada kawasan sembak terdapat tempat Kopi dari Hati Sumba yang merupakan spot tempat berkumpulnya millenial dan anak muda.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Timur, General Manager PLN UIW NTT, Senior Manager Komunikasi, Keuangan, dan Umum UIW NTT, Manager PLN UP3 Sumba, Manager PLN UP2K Kupang, dan Manager UP2K Sumba beserta seluruh jajaran dan masyarakat sekitar.(*)

Sumber (*/Humas PLN UIW NTT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *