Eky Gonang, Dokter & Konsultan Kampanye Politik Bersertifikat

Loading

Eky Gonang, seorang dokter juga menggeluti dunia digital marketing, baru saja menyelesaikan program MBA Political Marketing dari SBM ITB dan LSI. Dokter Eky, sapaan akrabnya, menjadi konsultan politik wilayah NTT, kini memperoleh sertifikat tersebut.

Dokter Eky bersama tim berpengalaman, telah mengerjakan beberapa proyek kampanye politik berbasis digital sejak tahun 2018. Mini MBA Political Marketing merupakan kelanjutan dari pendidikan dan pelatihan yang pernah diikuti sebelumnya.

Mini MBA Political Marketing yang diselenggarakan oleh SBM ITB bekerja sama dengan LSI Denny JA merupakan program intensif yang berlangsung sekitar 4 (empat) bulan. Program ini menggabungkan ilmu komunikasi, pemasaran, politik, dan digital, berfokus pada pemasaran politik berbasis digital atau political digital marketing.

“Program Mini MBA ini memberikan pemahaman mendalam tentang konsep-konsep pemasaran politik, termasuk strategi kampanye politik dan bagaimana seorang pejabat harus berperilaku setelah memenangkan pemilihan politik. Kami mempelajari seluruh proses pemasaran politik dari hulu hingga hilir” ujarnya CEO Klinik King Care ini membeberkan.

Salah satu tujuan dari pemasaran politik atau kampanye politik, menurut dr. Eky, bukan hanya untuk memenangkan pemilihan, tetapi juga untuk membentuk legacy / warisan yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat setelah seorang pejabat terpilih.

“Pemasaran politik sejatinya bukan hanya tentang kemenangan, tetapi tentang apa yang dilakukan setelah kemenangan. Penting untuk memikirkan legacy dan dampak positif yang dapat ditinggalkan oleh seorang pejabat yang dipercaya oleh masyarakat,” imbuhnya.

Dokter Eky juga menekankan pentingnya branding dalam politik. Ia menyatakan bahwa branding, baik itu personal branding atau branding partai, haruslah autentik dan sesuai dengan karakteristik dari figur atau kandidat yang bersangkutan. Menurutnya, branding yang dibangun haruslah jujur dan tidak boleh menipu publik. Meskipun pencitraan memainkan peran penting dalam membangun persepsi, pola branding harus tetap autentik.

Di era saat ini, seorang figur politik tidak dapat hanya mengandalkan popularitas sebelum menjadi kandidat. Proses kampanye politik yang efektif, strategi pemasaran, iklan, dan konsultan pemasaran politik menjadi rangkaian yang tak terpisahkan dalam upaya mencapai tujuan kandidat tersebut, yakni membawa perubahan bagi masyarakat, bukan hanya sekadar memenangkan pemilihan.

Dengan sertifikat Mini MBA Political Marketing yang dimiliki, dr. Eky Gonang siap untuk memberikan kontribusinya sebagai konsultan politik yang kompeten di NTT. Dengan pengetahuannya yang mendalam tentang pemasaran politik berbasis digital, strategi kampanye politik, dan branding yang autentik, ia berkomitmen untuk membantu kandidat dan partai politik mencapai tujuan mereka dengan cara yang bertanggung jawab dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dengan semakin berkembangnya politik dan perubahan dinamika sosial, kehadiran konsultan politik yang memiliki pemahaman mendalam tentang pemasaran politik dan strategi kampanye menjadi semakin penting. Dan dr. Eky Gonang adalah salah satu profesional yang siap membantu Anda membawa perubahan positif melalui politik di Nusa Tenggara Timur (NTT). (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *