Tanam Pohon & Bersih Pantai, Elaborasi PLN UIP Nusra, Kodim Mataram dan Kelurahan Ampenan

Loading

Mataram, Garda Indonesia | PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra) bersama Kodim 1606/Mataram dan Kelurahan Ampenan Selatan menggelar kegiatan pelestarian alam melalui penanaman pohon dan bersih pantai di Pantai Skip, Ampenan Selatan pada Jumat, 22 Desember 2023.

Aksi peduli lingkungan ini turut dihadiri oleh Dandim 1606/mataram, Wali Kota Mataram, Danrem 162/wb, Kapolresta Mataram, Dansat Brimob Polda, Alumni Lemhanas, Camat Ampenan, dan Kepala Dinas Perikanan Kota Mataram.

Kegiatan dibuka dengan apel bersama seluruh peserta yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan simbolis alat kebersihan dan bibit pohon cemara laut. Cemara laut dipilih karena dapat berfungsi sebagai pelindung dari tsunami, gelombang tinggi dan abrasi pantai. Tanaman ini juga berfungsi untuk mengurangi dan mengubah kecepatan angin, sehingga dapat mengurangi laju angin ke wilayah sekitar laut.

Senior Manager Perencanaan PT PLN (Persero) UIP Nusra, Didi, mengatakan kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) ini dapat berlangsung berkat dukungan para stakeholder termasuk warga sekitar Pantai Skip, kawasan sekitar infrastruktur kelistrikan.

“Kegiatan ini kita lakukan demi menjaga kelestarian lingkungan bersama. Kami berharap lewat kegiatan ini setidaknya kita melakukan kegiatan baik, pohon yang kita tanam dapat tumbuh dan berkembang sehingga menyediakan udara bersih di sekitar,” ucap Didi.

Asisten I Setda Kota Mataram, Lalu Martawang, kembali mengingatkan bahwa Pulau Lombok adalah destinasi wisata yang terkenal dengan pantai yang indah. Untuk itu, menjaga keindahan, kebersihan, serta kelestarian pantai menjadi tanggung jawab kita semua.

“Maka hari ini, Kodim, PLN, bersama kita yang hadir di sini berinisiatif memberikan jawaban atas itu semua. Kita akan bersihkan pantai ini, lalu kita akan menanam pohon untuk menjamin kelestarian lingkungan kita,” ujar Lalu Martawang.

Sementara itu, Danrem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti, memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada Kodim 1606/Mataram dan PT PLN (Persero) UIP Nusra yang telah menginisiasi kegiatan penanaman pohon dan bersih pantai. Menurutnya, meskipun kegiatan ini tampak kecil, namun nilainya amat besar untuk kelestarian alam yang saat ini beberapa di antaranya telah mengalami kerusakan yang memprihatinkan.

“Mari kita menjadi bagian yang memperbaiki lingkungan dan melestarikan alam. Tentunya kegiatan ini tidak hanya berhenti di sini. Kita akan terus melakukan kegiatan-kegiatan yang sama di tempat-tempat yang lain dalam rangka melestarikan alam,” ucap Agus Bhakti.

Di lain kesempatan, General Manager PLN UIP Nusra, Abdul Nahwan, menjelaskan bawah program TJSL di Pantai Skip tercetus untuk mendorong kepedulian masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih dan lestari demi kelangsungan hidup.

“Pantai Skip menjadi kawasan yang dekat dengan infrastruktur kelistrikan PLN. Oleh karena itu, PLN konsisten mengembangkan program-program TJSL sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan di sekitarnya,” ucap GM Abdul Nahwan.(*)

Sumber (*/tim PLN UIP Nusra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *