Tren Kasus Positif Covid-19 di NTT Terus Naik, 384 Sampel Tunggu Kepastian

397 Views

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Nusa Tenggara Timur mengumumkan perkembangan kasus corona virus. Terdapat 5 kasus baru klaster transmisi lokal, 3 di antaranya berasal dari Ende dan 2 kasus masih berusia anak-anak berasal dari Kota Kupang.

Demikian penuturan Sekretaris I Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT, Dr. drg. Dominikus Minggu Mere dalam jumpa pers pada Minggu sore, 31 Mei 2020 di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi NTT. Ia menyampaikan bahwa dengan adanya perkembangan kasus positif hingga munculnya transmisi lokal di Pulau Flores, seluruh Gugus Tugas Daerah diminta terus berupaya melakukan penelusuran dan penegakan protokol kesehatan pada wilayah terjangkit.

Baca juga : https://gardaindonesia.id/2020/05/31/dua-anak-positif-covid-19-di-kota-kupang-3-positif-di-ende-hasil-transmisi-lokal/

Seiring dengan upaya yang dilakukan Pemrov juga telah mengumpulkan 384 sampel swab yang berasal dari Pulau Sumba dan Flores serta Timor. “Kemarin dengan pesawat khusus kita mengambil sampel swab dari Waingapu, Manggarai Barat dan Ende,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, dari sejumlah spesimen yang dikumpulkan tersebut, Gugus Tugas akan memeriksa setiap sampel swab secara cepat sesuai dengan kapasitas yang telah tersedia. “Mudah-mudahan bisa terselesaikan dengan cepat,” kata drg. Domi.

Sampel swab yang telah terkumpul dari berbagai daerah dan sementara ini sudah berada di Laboratorium Bio Molekuler RSUD Prof. W. Z. Johannes Kupang, dan sementara menunggu waktu untuk dilakukan pemeriksaan antara lain :

  1. Manggarai Barat 102 sampel;
  2. Sumba Timur 80 sampel;
  3. Sumba Barat Daya 64 sampel;
  4. Manggarai sebanyak 52 sampel;
  5. Ende sebanyak 34 sampel;
  6. Manggarai Timur 8 sampel;
  7. Rote Ndao 6 sampel;
  8. Kota Kupang 5 sampel;
  9. Sumba Barat 3 sampel;
  10. Ngada sebanyak 2 sampel. (*)

Sumber berita (*/rnc04)
Editor dan foto utama (+rony banase)