400 Juru Suntik Dilatih Vaksinasi Covid-19 Selama Seminggu

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Vaksin Covid-19 produksi Sinovac telah tiba di Bandara El Tari Kupang pada Selasa pagi, 5 Januari 2021. Kedatangan 13.200 vaksin Covid-19 tersebut dijemput oleh tim Gugus Tugas Covid-19 dan petugas Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selanjutnya, sebagai tahap awal, vaksin Covid-19 tersebut akan digunakan untuk vaksinisasi 6.600 tenaga kesehatan (nakes) yang tersebar di sekitar 370 fasilitas kesehatan (fakes) di seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, dr. Meserasi Ataupah pada Senin, 4 Januari 2021, mengatakan waktu vaksinasi Covid-19 kepada para tenaga kesehatan usai dilakukan pelatihan kepada para juru suntik. “Fakes yang ada sekitar 370, maka minimal juru suntik yang dilatih sekitar 400 orang,” ungkapnya.

Ditanya terkait waktu pelatihan kepada para juru suntik, dr Meserasi menyampaikan bahwa dibutuhkan waktu sekitar 1 (satu) minggu. “Proses vaksinasi Covid-19 kepada para tenaga kesehatan usai pelatihan juru suntik dan durasi penyuntikan 2 (dua) kali dengan jeda waktu sebanyak 14 hari,” jelasnya.

Untuk sementara, imbuh dr. Meserasi, para tenaga kesehatan yang diprioritaskan memperoleh vaksinasi Covid-19 dan terkait waktu tiba Vaksin Covid-19 tahap kedua, ia menyampaikan belum memperoleh informasi dari pusat.

Penulis, editor dan foto (+roni banase)