Serah Terima Jabatan, Pj Bupati Ajak Masyarakat Bersatu Bangun Belu

236 Views

Belu-NTT, Garda Indonesia | “Fo liman ba malu, fo neon ba malu hadi’a Rai Belu (Mari bergandengan tangan, bersatu hati dan pikiran membangun Tanah Belu). Jangan lagi ada sekat di antara kita,” kata Kepala Badan Keuangan NTT dalam sambutan Serah Terima Jabatan dari mantan Plh. Bupati Belu, Frans Manafe, S.Pi., kepada Penjabat (Pj) Bupati Belu, Drs. Zakarias Moruk, M.M. yang dilaksanakan di Aula Gedung Wanita Betelalenok Atambua, pada Senin, 29 Maret 2021.

Penjabat (Pj) Bupati Belu, Drs. Zakarias Moruk, M.M. mengajak seluruh komponen masyarakat dan pimpinan perangkat daerah untuk kembali bersatu membangun Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berdasarkan instruksi Mendagri melalui Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat, ujar Pj. Bupati Belu, dirinya mengemban lima tugas utama, yakni memimpin penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan; menjaga ketertiban dan keamanan;  menandatangani Ranperda dan Perda; mengisi dan melakukan mutasi jabatan; dan, sebagai ketua Satgas Covid -19 untuk mengecek penanganan vaksinasi bagi seluruh aparatur dan masyarakat Kabupaten Belu.

Zakarias Moruk pun menyampaikan terima kasih kepada mantan Plh. Bupati Belu, Frans Manafe, S.Pi. bersama semua pimpinan perangkat daerah yang telah menjaga situasi dan kondisi Kabupaten Belu sejak masa peralihan, tanggal 17 Februari 2021 hingga hari ini (29 Maret 2021, red.).

“Pesan gubernur, beliau menyampaikan terima kasih kepada seluruh pimpinan perangkat daerah dan forkopimda atas suksesnya kunjungan kerja gubernur di Kabupaten Belu, 24—25 Maret 2021,” paparnya.

Mantan Plh. Bupati Belu, Frans Manafe dalam sambutannya mengemukakan, sejak melaksanakan tugas selama 39 hari terhitung 17 Februari – 27 Maret 2021, dirinya melaksanakan tugas rutin pemerintahan yang tidak berkaitan dengan pengambilan kebijakan yang bersifat strategis dalam aspek keuangan, kelembagaan, personil, dan aspek perizinan serta kebijakan strategis lainnya.

Penjabat Bupati Belu, Zakarias Moruk saat menandatangani berita acara serah terima jabatan

Tugas rutin yang telah dilaksanakan tersebut, dituangkan dalam laporan pelaksanaan tugas Plh. Bupati Belu. “Salah satu tugas yang belum selesai dilaksanakan, yaitu refocusing dan realokasi anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Belu Tahun Anggaran 2021. Tugas ini telah dibahas pada tanggal 18 Februari dan 10 Maret 2021 dan sampai dengan saat ini masih sedang berproses,” terang Pj. Sekda Belu.

Frans Manafe juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, atas dukungan dan kerja sama yang baik selama pelaksanaan tugasnya sebagai Plh. Bupati Belu. “Saya mohon maaf, apabila dalam pelaksanaan tugas, ada banyak hal yang tidak berkenan di hati bapak, ibu, saudara dan saudari. Semoga Tuhan senantiasa menyertai kita dalam tugas dan pengabdian kita,” imbuhnya.

Diketahui, Pj. Bupati Belu Zakarias Moruk dipercayakan dua kali berturut – turut oleh gubernur VBL sebagai penjabat Bupati Belu. Sebelumnya, ia dipercayakan sebagai Pjs. Bupati Belu, dan saat ini dipercayakan lagi.

“Selamat pulang kampung sendiri, selamat menjalankan tugas pengabdian di Kabupaten Belu. Ini merupakan kebahagiaan bagi kami karena masih tetap diberikan kepercayaan oleh Bapak Gubernur NTT untuk menjadi penjabat Bupati Belu. Sedangkan, 3 kabupaten lain, penjabat bupatinya berganti orang. Kami bersama seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Belu siap mendukung bapak penjabat Bupati Belu dan ibu. Kami percaya, Tuhan Yang Maha Kasih akan selalu menjaga melindungi bapak penjabat dan ibu, serta keluarga sehingga semua tugas dan tanggung jawab yang diemban akan dilaksanakan dengan baik, aman, lancar, dan sukses”, tandas Frans Manafe.

Turut hadir dalam kegiatan dimaksud, pimpinan dan anggota DPRD Belu, Forkopimda, pj. Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus pj. Ketua Dekranasda Kabupaten Belu, mantan Plt. Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda, staf ahli Bupati Belu, para asisten pimpinan perangkat daerah, ketua organisasi wanita, para pimpinan vertikal, para camat, dan insan pers. (*)

Penulis: (*/ Herminus Halek)

(Visited 129 times, 1 visits today)