Terima Vaksin AstraZeneca, Gubernur VBL Imbau Tingkatan ‘Herd Immunity’

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat menerima vaksin jenis Astrazeneca tahap pertama bersama para pejabat Eselon II pada Rabu, 14 Juli 2021 di Kantor Gubernur NTT. Usai melakukan vaksinasi, Gubernur VBL mengimbau kepada Bupati dan Wali Kota se-NTT untuk tetap mendorong masyarakat agar segera melakukan vaksinasi untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Sebagai Gubernur, saya sangat berterima kasih kepada masyarakat NTT yang punya kesadaran bersama-sama untuk melakukan vaksinasi, karena kita saat ini mengejar _herd immunity. Sesuai arahan Bapak Presiden Jokowi untuk kita mengejar herd immunity kita semua,” ujar Gubernur VBL.

Bagi masyarakat di seluruh NTT, imbuh Gubernur VBL, vaksin juga memberikan manfaat bagi kita yakni menurunkan angka sakit dan kematian akibat Covid-19. Mendorong terbentuknya herd immunity dengan syarat minimal 70 persen masyarakat NTT telah melakukan vaksin dan meminimalkan dampak ekonomi dan sosial jika sebagian besar masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik melawan virus Covid-19, maka aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat bisa terlaksana kembali dengan normal.

“Kita harapkan seluruh Pemerintah Kabupaten dan Kota bersama TNI dan Polri untuk bergerak membantu agar masyarakat kita dapat melakukan vaksinasi secara keseluruhan dan lancar,” ujar VBL.

Gubernur VBL menambahkan, memang dalam proses pelaksanaan vaksinasi secara massal seperti di Kejaksaan tinggi dan Poltekkes Kemenkes Kupang, pasti kerumunan tidak dapat dihindarkan karena masyarakat berbondong-bondong untuk antre.

“Kita semua harus tetap tertib dan teratur melaksanakan vaksinasi sebagaimana target utama kita adalah semua anggota masyarakat harus divaksin. Oleh sebab itu, kami terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar vaksin-vaksin dapat dikirim terus sehingga kita semua dapat terlayani dengan baik,” jelas VBL.

Nanti di bulan Desember, tandas Gubernur VBL, kita sudah tidak lagi menggunakan masker, tentunya dengan memastikan kalau kita semua telah divaksin. Kita lihat kemarin di Eropa semua penonton sepakbola bola menyaksikan pertandingan di stadion tanpa masker dan itu menunjukkan kalau herd immunity mereka sudah hampir mencapai 100 persen melalui vaksinasi. (*)

Sumber berita dan foto (*/biro administrasi pimpinan setda ntt)

Editor (+roni banase)