Percepatan Vaksinasi Covid-19, NasDem Belu Bantu 1.000 Dosis Vaksin

Loading

Belu–NTT, Garda Indonesia | Guna mempercepat vaksinasi kepada masyarakat untuk menekan penyebaran wabah Covid – 19, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) turut berpartisipasi dengan menyumbangkan 1.000 dosis vaksin untuk memvaksinasi 1.000 orang, yakni 500 orang di Desa Naekasa, Kecamatan Tasifeto Barat dan 500 orang lainnya di Desa Manleten, Kecamatan Tasifeto Timur pada Senin dan Selasa, 23—24 Agustus 2021.

Disaksikan Garda Indonesia, pada hari pertama pelaksanaan pelayanan vaksinasi di Kantor Desa Naekasa pada Senin, 23 Agustus 2021, dibuka secara resmi oleh Bupati Belu Agustinus Taolin, Sp.PD – KGEH, FINASIM didampingi perwakilan Badan Pengawasan Rumah Sakit NTT, dr. Deby Veronika Abineno, Ketua DPD Partai NasDem Belu, Jhon Tanur bersama para anggota DPRD fraksi NasDem Belu, Cyprianus Temu, Benediktus Manek, Aprianus Hale dan Edmundus Tita.

Dalam arahanya, dr. Agustinus Taolin menuturkan, bahwa ada dua cara untuk menghindari tertularnya penyakit Covid – 19, masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan) dan 3 T (testing, tracing, treatment).

Bupati Belu mengemukakan, bahwa perlu adanya kerja sama dengan berbagai elemen dalam percepatan vaksinasi, salah satunya dengan Partai NasDem yang mengagendakan untuk mengirim vaksin dari pusat ke provinsi melalui dinas kesehatan dan didistribusikan ke tingkat kabupaten.

“Dan, kita di kabupaten mengoordinasi itu lewat Dinas Kesehatan dengan memberikan vaksin melalui kegiatan–kegiatan khusus seperti ini, di samping kegiatan rutin di puskesmas. Jadi, itulah percepatannya,” terangnya.

Lanjut Bupati Belu, pemerintah daerah sudah menetapkan 154 target capaian vaksin, dan dalam beberapa bulan ke depan harus terpenuhi dengan memberi 1.000 vaksin setiap hari yang disumbangkan oleh 17 puskesmas dan 3 rumah sakit di seluruh Belu.

“Kita bersyukur karena hari ini ada Partai NasDem yang punya kemampuan, sumber daya dan kepedulian terhadap masyarakat. Kemarin menyerahkan 200 juta untuk Gereja Lahurus dan 100 juta untuk Gereja Nela. Partai NasDem luar biasa, tepuk tangan untuk partai NasDem. Terima kasih Partai Nasdem karena hadir untuk seluruh masyarakat Belu,” ujar dr. Agus Taolin.

Ketua DPD Partai NasDem Belu, Jhon Tanur mengungkapkan, bahwa pemerintah daerah saat ini sangat peduli dengan kesehatan masyarakat. Karena itu, masyarakat patut berterima kasih kepada Bupati Belu. “Dan, ini sejalan dengan keinginan Partai NasDem. Partai NasDem sangat mencintai orang Belu dan peduli untuk ikut memutuskan mata rantai dengan ikut menyumbangkan vaksin 1.000 dosis kepada masyarakat Belu,” tuturnya.

Terpisah, Sekretaris DPD Partai NasDem Belu, Aprianus Hale menambahkan,  bahwa Covid–19 merupakan masalah bersama sehingga sebagai partai politik tentu tidak bisa duduk diam. “Dari DPD Partai NasDem Belu bersurat ke Dinas Kesehatan Provinsi untuk turut terlibat dalam mempercepat vaksinasi di Belu. Akhirnya, Dinas Kesehatan Provinsi menjawab permohonan kita dengan memberikan seribu dosis melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Belu untuk secara teknis mengatur proses vaksinasinya. Harapan kita adalah semua orang Belu bisa lebih cepat mendapatkan vaksin, agar Belu cepat pulih kembali dan kembali normal,” tulisnya singkat melalui pesan whatsapp. (*)

Penulis + foto: (*/Herminus Halek)