Kunker Mendadak, Merci Jone Apresiasi Rutan Maumere Bersih & Asri

332 Views

Sikka-NTT, Garda Indonesia | Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Provinsi NTT, Marciana Dominika Jone mengapresiasi kinerja Karutan Maumere dan jajaran karena mampu menciptakan kondisi Rutan yang bersih, asri dan kondusif.

“Saya apresiasi Karutan Maumere karena sangat cepat membuat perubahan di Rutan Kelas II B Maumere,” kata Merci Jone sapaan akrab Kakanwil Kemenkumham Provinsi NTT saat melakukan kunjungan kerja mendadak di Rutan Maumere, pada Sabtu, 4 September 2021.

Kakanwil Merci Jone yang didampingi Karutan Maumere, Antonius Semuki kemudian berkeliling meninjau seluruh area bangunan Lapas mulai dari area perkantoran, tempat ibadah, dapur blok serta perkebunan Lapas.

Salah satu sudut taman di Rutan Maumere

Marci Jone mengaku saat pergantian Karutan beberapa waktu lalu ia menekankan kepada Karutan Maumere, Antonius Simoki untuk berupaya membuat lahan kering menjadi hijau serta meningkatkan program pemberdayaan kepada warga binaan.

“Rutan Maumere harus menjadi hijau dan asri, hal itu saya sampaikan kepada Karutan beberapa waktu lalu. Karutan Maumere responsnya sangat cepat. Perubahan signifikan sangat terlihat pada Rutan Maumere. Lahan yang awalnya kosong juga telah diperdayakan menjadi lahan perkebunan sayur,” ujar Merci Jone.

Menurut Merci Jone, warga binaan yang ada benar-benar diberdayakan dengan meningkatkan keterampilan mereka. Ia juga mengapresiasi taman bacaan ceria yang dibuat Karutan Maumere sangat baik untuk menjadi hiburan dan sumber pengetahuan bagi WBP saat menjalani masa pidana.

Kemudian, Merci Jone menekankan kepada Karutan agar selalu mempertahankan kebersihan lingkungan kantor terutama area dapur tempat mengolah dan menyediakan makanan kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP) harus bergizi dan sesuai dengan menu yang telah ditetapkan oleh Dirjen Pemasyarakatan.

“Saya melihat makanan yang disediakan Rutan Maumere sudah sangat baik. Pertahankan kualitas makanan dan ketersediaan air bersih bagi WBP karena makan, minum dan kesehatan adalah hak dasar WBP yang harus selalu kita penuhi, ” ujarnya.

Kakanwil Kemenkumham Provinsi NTT, Marciana Dominika Jone (tengah berbusana batik bunga coklat) berpose bersama Karutan Maumere dan jajaran

Selanjutnya Kakanwil Perempuan di lingkup Kemenkumham Provinsi NTT ini juga mengimbau kepada Karutan untuk berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membangun mes di lahan kosong bagi pegawai.

Mengakhiri kunjungan kerja dadakannya, Marci berpesan kepada Karutan dan jajaran untuk tetap meningkatkan kualitas pelayanan baik terhadap WBP maupun masyarakat. Dengan mempertahankan kualitas, Merci Jone yakin Rutan Maumere akan meraih predikat WBK.

“Terus lakukan pembenahan mulai dari sekarang untuk meraih predikat WBK karena WBK bukan hanya sekadar pemenuhan dan keakuratan data dukung, namun lebih dari itu kesiapan UPT dalam memberikan pelayanan publik yang prima, ramah serta representatif menjadi keunggulan satker untuk meraih predikat tersebut,” tandas Merci Jone. (*)

Sumber dan foto (*/Humas Kemenkumham Provinsi NTT)

Editor (+roni banase)

(Visited 137 times, 1 visits today)