Gubernur NTT Setuju Pembangunan PLTS oleh Ruwanda Energy di Sumba Tengah

Loading

Sumba Tengah, Garda Indonesia | Ruwanda Energy melakukan pertemuan dengan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat serta Bupati dan Wakil Bupati Sumba Tengah, Ir. Daniel Landa terkait dengan Perencanaan pembangunan PLTS di Wilayah Sumba Tengah pada Senin, 6 September 2021 di rumah jabatan Bupati Sumba Tengah.

Melalui presentasi materi, Ruwanda Energy menyampaikan di wilayah Sumba Tengah sangat bisa dan baik untuk dibangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Hal tersebut dengan pertimbangan di antaranya panas matahari yang sangat baik dan lahan yang ditentukan merupakan  hamparan luas sehingga sangat cocok dibangun PLTS.

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat saat menyimak pemaparan Rwanda Energy terkait pembangunan PLTS di Sumba Tengah

Energi listrik yang dihasilkan juga sangat baik yang mampu menghasilkan daya besar dan dapat dimanfaatkan untuk mendukung pembangunan. Dan energi listrik yang dihasilkan juga direncanakan dapat dijual ke Singapura.

Gubernur VBL dan Wakil Bupati Sumba Tengah Ir. Daniel Landa pun menyatakan setuju dengan pembangunan PLTS tersebut. “Nanti saya harap Pemda Sumba Tengah beserta Dinas ESDM Kabupaten dan Provinsi bersama Bapelitbangda juga turut merencanakan desain pemanfaatan PLTS ini,” ujar Gubernur VBL.

Gubernur VBL menandaskan, PLTS tersebut bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pertanian, peternakan, sosial ekonomi, pendidikan (sekolah) serta dan kesehatan (fasilitas rumah sakit dan juga puskesmas) serta aktivitas masyarakat dan kebutuhan lainnya. (*)

Sumber dan foto (*/Biro Administrasi Pimpinan Setda NTT)

Editor (+roni banase)