‘Update Covid-19 NTT’ 43 Swab PCR Test Negatif, 31 Sampel Belum Ada Hasil

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | “Hingga saat ini jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) mencapai 745 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 19 orang dan Pasien Positif Covid-19 masih 1 orang,” jelas Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si. pada Minggu, 19 April 2020 pukul 20.00 WITA.

Berdasar data yang disampaikan oleh Gugus Tugas Provinsi NTT per Minggu, 19 April 2020 pukul 18.00 WITA, imbuh Marius, hingga saat ini sebanyak 75 sampel telah dikirimkan untuk dilakukan Swab PCR (Polymerase Chain Reaction) Test dengan hasil 43 sampel negatif, 31 sampel belum ada hasil, dan 1 Positif Covid-19.

Sebelumnya, usai mengadakan Rapat Kerja Pemprov NTT dengan Menteri Sosial RI melalui video telekonferensi pada Kamis, 16 April 2020 pukul 13.30 WITA, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) menyampaikan dalam waktu tak lama lagi Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bakal memiliki Laboratorium Swab PCR Test sendiri.

“Dalam waktu 2 (dua) minggu ke depan, saya minta pada tanggal 21 atau paling lambat akhir bulan April ini kita akan memiliki Lab PCR sendiri ,” ulas Gubernur VBL dalam Rapat Koordinasi melalui video telekonferensi dengan Bupati/Wali Kota se-NTT di ruang rapat Gubernur NTT.

Selain data ODP dan PDP yang sedang menjalani karantina mandiri maupun dirawat di rumah sakit, Marius juga mengungkapkan progres sebanyak 670 ODP telah dinyatakan sembuh/selesai pemantauan dan 13 PDP juga telah dinyatakan sembuh.

Pemerintah NTT, beber Marius, terus mengimbau kepada seluruh warga NTT yang baru pulang melakukan perjalanan keluar daerah, terutama dari daerah terinfeksi Covid -19 agar mengisolasi diri dan Masyarakat NTT agar menjalankan pola hidup sehat, dengan menjaga jarak ketika bertemu, jangan bersentuhan, selalu membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan.

Penulis dan Editor (+rony banase)
Foto utama oleh Valeri Guru