Terungkap Identitas Dua ‘Driver Rental’ Pembawa Warga Tiles Positif Covid-19

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Apresiasi tinggi patut diberikan kepada Tim Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi NTT. Bekerja sama dengan tim TNI dan Polri akhirnya mengungkap identitas dua (2) pengemudi (driver) mobil rental yang membawa sejumlah warga negara asing (WNA) asal Timor Leste yang masuk Kupang beberapa pekan lalu.

“Terkait dengan sejumlah warga Timor Leste yang hingga tadi malam kami sampaikan kepada publik; hasil penelusuran kami bersama dengan teman-teman dari TNI Polri bahwa sejumlah warga negara Timor Leste yang dibawa dari Kupang tanggal 1 April 2020 yang lalu menuju Motaain; kami sudah menemukan driver-nya (pengemudi). Ada 2 driver yang kiranya besok (Senin, 20 April 2020) pukul 09.00 WITA akan diadakan pemeriksaan cepat atau rapid test , rencananya di Rumah Sakit Naibonat,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Provinsi NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si. kepada pers pada Minggu malam, 19 April 2020.

Marius berharap dengan ditemukannya dua driver rental mobil ini semakin banyak data dan informasi yang bisa digali dan didapatkan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19.

“Kita akan menggali informasi lebih banyak dari kedua beliau ini. Sehingga kita dapat menelusuri riwayat perjalanan warga Timor Leste yang berangkat tanggal 1 April 2020 menuju Atambua dan selanjutnya mereka menuju Motaain, lalu dari Motaain ke Batu Gede dan melanjutkan perjalanan ke Dili Timor Leste,” beber Marius.

Dia menambahkan, “Perlu kami sampaikan bahwa warga Timor Leste itu tiba di Kupang dengan Pesawat Lion Air pada Selasa, 31 Maret 2020 dan mereka menginap di Kupang. Esok kami akan menelusuri di mana mereka menginap apakah di hotel atau di rumah keluarga? Esok akan ditelusuri lebih lanjut dan pada Kamis, 2 April 2020 mereka juga menginap di Atambua dan sebelumnya dalam perjalanan menuju Atambua mereka sempat makan malam di salah satu rumah makan di Kefamenanu.”

Beberapa jam sebelumnya, Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT ini melakukan kontak per telepon dengan Duta Besar RI, Saat Sitorus di Dili Timor Leste.

“Terkait hal ini kami sudah berkoordinasi dengan Duta Besar Republik Indonesia di Dili dan beliau juga sudah menginformasikan warga negara Timor Leste yang terpapar virus corona dan sudah memberitahukan juga kepada Menteri Luar Negeri kita dan juga Menteri Kesehatan. Bapak Duta Besar berjanji akan secepatnya memberitahukan hal itu kepada kita semua di Kupang,” ucap Marius.

Informasi yang akurat dari Dubes RI di Dili, sebut Marius sangat membantu Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTT untuk menelisik riwayat perjalanan dari warga Timor Leste yang sudah terpapar virus corona.

“Sekali lagi melalui media ini kami harapkan keluarga atau sahabat kenalan yang menampung saudara-saudara kita warga Timor Leste; baik di Kupang maupun di Atambua; di rumah makan di Kefamenanu, kita harapkan untuk secepatnya memberikan informasi kepada Gugus Tugas; baik Gugus Tugas Provinsi maupun Gugus Tugas di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) dan juga Gugus Tugas di Kabupaten Belu. Ini penting bagi kita semua,” pinta Marius.

Menurut dia, informasi anda sekalian merupakan hal yang sangat positif bagi keselamatan seluruh rakyat di Provinsi NTT. “Kita harapkan semua pihak yang mendengarkan siaran ini bisa menyampaikan informasi apa saja khususnya terkait dengan warga Timor Leste. Sehingga kita bisa telusuri di mana mereka berada; di mana mereka menginap. Supaya secepatnya kita melakukan kontrol dan pengawasan kesehatan kepada orang-orang yang kebetulan berjumpa dengan mereka,” tandas Marius. (*)

Sumber berita dan foto (*/Valeri Guru–Kasubag Pers dan Pengelolaan Pendapat Umum Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT)
Editor (+rony banase)