Anak 7 Tahun asal Rote Ndao Sembuh Covid-19,Total Sembuh di NTT 28 Orang

592 Views

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Clara, anak perempuan berusia 7 tahun asal Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dinyatakan sembuh oleh Tim Medis Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Covid-19 di Provinsi NTT.

Kabar gembira atas kesembuhan Clara diperoleh melalui surat yang disampaikan oleh Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTT kepada Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Rote Ndao pada Jumat, 5 Juni 2020.

Baca juga: https://gardaindonesia.id/2020/06/04/1-positif-covid-19-transmisi-lokal-di-mabar-1-kasus-di-ende-total-101-kasus/

Direktur RSUD Ba’a, dr.Widyanto Pangarso Adhy kepada Garda Indonesia melalui sambungan telepon pada Jumat, 5 Juni 2020 pukul 20.47 WITA menyampaikan bahwa anak Clara dinyatakan sembuh dari Covid-19. “Usai swab tes kedua dengan hasil negatif dan kami telah menerima surat secara resmi,” ungkap dr. Adhy seraya berujar orang tua Clara belum mengetahui bahwa anaknya telah sembuh dari Covid-19.

Saat ini, imbuh dr. Adhy, Clara masih dirawat sedang dirawat di Pusat Karantina Terpusat di Dusun Ne’e Kabupaten Rote Ndao.

Saat dikonfirmasi Garda Indonesia, apakah Gugus Tugas menyampaikan kepada Anak Clara bahwa dirinya terpapar Covid-19?, dr. Adhy yang merupakan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 di Rote Ndao, mengungkapkan bahwa dengan cara khusus mengedukasi tentang Covid-19 kepadanya.

“Karena dia anak 7 tahun, tentunya dia (anak Clara, red) tidak begitu paham mengenai Covid-19,” tandas dr. Adhy.

Baca juga : https://gardaindonesia.id/2020/05/14/anak-perempuan-usia-7-tahun-di-rote-ndao-provinsi-ntt-positif-covid-19/

Sementara itu, Kadis Kesehatan Provinsi NTT, Dr. drg. Domi Minggu Mere, M.Kes. melalui sambungan telepon pada Jumat sore, 5 Juni 2020, kepada awak media menyampaikan bahwa Laboratorium Bio Molekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang telah memeriksa 116 sampel swab.

“Hari ini diperiksa 116 spesimen swab dan diperoleh hasil 6 pasien sembuh Covid-19,” ungkap drg. Domi sambil menyampaikan pasien sembuh tersebut berasal dari klaster Sukabumi [Kota Kupang] 2 orang, 2 sembuh dari klaster Gowa [Labuan Bajo Manggarai Barat], 1 sembuh dari klaster STT Sangkakala [Waingapu, Sumba Timur], dan 1 sembuh dari Kabupaten Timor Tengah Selatan [T.T.S].

Dengan demikian, imbuhnya, jumlah Pasien positif Covid-19 yang telah sembuh dari Covid-19 sebanyak 28 orang dari total 101 kasus positif Covid-19 di Provinsi NTT.

Ada pun perincian pasien sembuh Covid-19 yakni Kota Kupang sembuh 12 orang, T.T.S sembuh 3 orang, Rote Ndao sembuh 1 orang [anak Clara, red], Sikka 6 orang sembuh, 4 orang dari Manggarai Barat, dan Sumba Timur sembuh 2 orang.

Penulis, editor dan foto (+rony banase)