Gubernur BI Perry Warjio : Saya Bangga Gunakan Produk Unggulan NTT

Loading

Labuan Bajo, Garda Indonesia | Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjio saat mengikuti secara virtual Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) bertema  “Kilau Digital Permata Flobamora,” pada Jumat, 18 Juni 2021 di Puncak Waringin Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), mengajak untuk terus menggunakan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam negeri dan harus menjadi leader terus di depan menggunakan produk UMKM dalam negeri.

Baca juga :  http://gardaindonesia.id/2021/06/17/labuan-bajo-tuan-rumah-gerakan-nasional-bangga-buatan-indonesia-2021/

Perry Warjio dengan bersemangat menyatakan kebanggaan menggunakan produk unggulan UMKM binaan Bank Indonesia Perwakilan NTT. “Kami terus mengajak bapak/ibu sekalian, ayo kita terus menggunakan produk UMKM dalam negeri, termasuk yang saya pakai saat ini, saya bangga menggunakan produk UMKM binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia NTT, dengan tenun indah, produk unggulan NTT,” ujarnya sembari menunjukkan balutan blazer tenun NTT bermotif Sabu Raijua.

Perry Warjio pun menyampaikan apresiasi atas indahnya kain tenun yang indah dan kaya akan nilai budaya. Pantauan Garda Indonesia saat peluncuran Kilau Digital Permata Flobamora, tampak Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate menggunakan balutan jaket tenun ikat Manggarai, Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menggunakan selendang tenun Sabu Raijua, dan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) memakai sarung tenun Manggarai, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja tampil elegan dengan jas tenun ikat motif Sabu dan memakai Topi Ti’ilangga asal Pulau Rote. Begitu pun semua tamu undangan hadir dengan balutan dan kombinasi busana tenun motif NTT.

Selain itu, Gubernur BI Perry Warjio juga memberikan apresiasi kepada Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan yang tiada lelah dengan kepemimpinan kuat memotivasi semua pihak termasuk Bank Indonesia untuk menyukseskan Gernas BBI dan Gerakan Nasional Bangga Wisata di Indonesia (Gernas BWI) setiap bulan melalui sinergi yang kuat dengan kementerian dan pemerintah daerah.

“Sinergi tersebut kami lakukan dengan peningkatan kapasitas UMKM, termasuk memperluas pemasaran UMKM dengan memasukkan ke dalam platform-platform digital dan menerapkan digitalisasi UMKM melalui sistem pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standart (QRIS),” urai Perry Warjio.

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan; Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (paling kanan), Menteri Komunikasi dan Informatika, Johny G Plate (kedua dari kiri), dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja (paling kiri) saat berdialog dengan UMKM NTT secara virtual

Melalui penguatan Kantor Perwakilan Bank Indonesia NTT, imbuh Perry Warjio, terutama Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja bersama Kantor Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat yang telah berkoordinasi dengan Kominfo dan pemerintah daerah yang telah menyukseskan Gernas BBI.

Bank Indonesia, tandas Perry Warjio, juga mendukung penuh digitalisasi UMKM di bidang pertanian, pariwisata, pendidikan, dan kesehatan agar bangkit, berkembang, berdaya di dalam negeri dan berkilau ke penjuru dunia sesuai dengan tema Gernas BBI Labuan Bajo “Kilau Digital Permata Flobamora”

“Kami juga mendukung sinergi dengan UMKM Desa Wisata, digitalisasi sistem pembayaran dalam mendorong percepatan pemulihan ekonomi khususnya di NTT,” ungkap Gubernur BI Perry Warjio.

Virtual Expo UMKM & Webinar produk unggulan UMKM kawasan Flores, Sumba, Timor, Alor yang dihelat pada 1—30 Juni 2021 dan dapat diakses melalui laman http://ve.kilaudigitalflobamora.id

Penulis, editor dan foto (+roni banase)