Rayakan HUT Kapela, OMK Stasi HKY Beumopu Helat Aneka Kegiatan

Loading

Kupang, Garda Indonesia | Orang Muda Katolik (OMK) Stasi Hati Kudus Yesus (HKY) Beumopu, Paroki Santo Yoseph Pekerja Penfui, Keuskupan Agung Kupang, bersama umat menghelat beraneka kegiatan untuk merayakan hari ulang tahun berdirinya kapela yang akan dirayakan pada Rabu, 2 Februari 2022.

Sebelumnya, pada Minggu, 9 Januari 2022, usai perayaan Ekaristi, diadakan rapat pembentukan panitia pelaksana oleh OMK Stasi HKY Beumopu dan memilih Pascalino atau Lino Tukan sebagai ketua panitia, Susan Fetolima sebagai wakil ketua panitia, Angel Ila Tha sebagai sekretaris, dan Desi Nahak sebagai bendahara.

Dalam rapat disepakati poin-poin penting yang akan dilakukan bersama umat Stasi HKY Beumopu. Angel Ila Tha dalam laporannya menyampaikan bahwa untuk menyongsong Dies Natalis Stasi HKY Beumopu akan diadakan beberapa perlombaan wajib, antara lain :

  1. Pertandingan Bola Voli antar Komunitas Umat Basis (KUB) : Disiapkan 1 tim per KUB, 1 tim terdiri atas 6 pemain, 3 putra dan 3 putri, dengan 6 cadangan. Setiap pertandingan akan dimainkan 3 set
  2. Tarik tambang antar KUB : Disiapkan 1 tim per KUB,  1 tim terdiri atas 10 pemain, 5 putra dan 5 putri, dengan 4 cadangan. Setiap pertandingan akan dimainkan 3 set.
  3. Lomba Baca Kitab Suci : Diutus 1 orang per KUB. Diperuntukkan bagi anak-anak SD & SMP. Bacaan akan disiapkan dan menggunakan mekanisme tarik nomor.
  4. Lomba Mazmur : Diutus 1 orang per KUB. Diperuntukkan bagi anak SD. Mazmur akan disiapkan oleh panitia, dengan mazmur yang sama untuk semua peserta.
  5. Lomba Kuis Kitab Suci : Diutus 3 orang per KUB. Diperuntukkan bagi anak SMP dan SD. Materi akan disiapkan oleh panitia
  6. Pendaftaran dibuka mulai hari Minggu, 16 Januari 2022 – Jumat, 21 Januari 2022.
  7. Technical meeting (TM) akan dilaksanakan Rabu, 19 Januari 2022. Seluruh peserta yang mendaftar wajib mengikutinya. Saat TM juga akan dilakukan tarik lot bagi tim-tim dalam setiap pertandingan.
  8. Pendaftaran dibuka mulai hari Minggu, 16 Januari 2022 – Jumat, 21 Januari 2022.
  9. Waktu pelaksanaan perlombaan : Sabtu, 22 Januari 2022, pukul 15.00 WITA :  Pertandingan Bola Voli & Tarik Tambang. Minggu, 23 Januari 2022, Pukul 15.00 WITA : Final Bola Voli & Tarik tambang, dilanjutkan dengan Lomba Baca Kitab Suci, Lomba Mazmur & Kuis Kitab Suci.
  10. Hadiah : Juara I Umum : Piala, & Sertifikat,  Juara II Umum : piala & Sertifikat,  Juara III Umum : piala & sertifikat, Sertifikat bagi seluruh peserta serta Piala Bergilir.

Akan dilakukan doa bersama :

  • Senin, 31 Januari 2022 : Doa Rosario.
  • Selasa, 1 Februari 2022 : Taize
  • Saat acara puncak pada Rabu, 2 Februari 2022, akan dimulai dengan perayaan Ekaristi, Acara singkat dan makan bersama seluruh umat Stasi Hati Kudus Yesus, Beumopu.

Ketua DPS HKY Beumopu Adrianus Djou Sewa, S.E., M.M. saat membuka kegiatan perlombaan pada Sabtu, 22 Januari 2022, pukul 15.00 WITA di hadapan OMK dan umat yang hadir menyampaikan bahwa, Stasi atau Kapela HKY Beumopu semakin berkembang dan semakin maju.

“Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk kita saling memiliki. Kita perlu kerja sama, saling mendukung satu sama lain. Ini pertanda adalah kita satu keluarga besar. Mari kita membangun kasih dan satu sama lain. Saya mengucapkan apresiasi kepada OMK yang telah melakukan kegiatan ini,” kata Dekan Ekonomi di Universitas Katolik Widya Mandira Kupang ini.

Djou Sewa menegaskan jika kegiatan ini karena kehendak Tuhan atas umat Katolik di Beumopu. “Tuhan Yesus dan Bunda Maria yang selalu bersama kita selama 20 tahun. Mari kita selalu bersama sehingga kapela ini bertumbuh menjadi tempat kita menyemaikan iman kita,” imbuh dia.

Dosen Senior di Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Unwira Kupang ini mengajak seluruh umat Beumopu untuk membangun kebersamaan. “Mari kita membangun kebersamaan. Ada dua hal yang kita rayakan dalam moment ini yakni, HUT Kapela HKY Beumopu dan pelindung Kapela HKY Beumopu. Ini perlu direncanakan sehingga kapela dapat bertumbuh dengan penuh iman,” ajaknya.

Ketua Panitia Pelaksana, Lino Tukan, saat berbincang dengan wartawan, pada Minggu, 23 Januari 2022 pukul 15.00 WITA, menerangkan, dengan diadakannya perayaan dies natalis ke-20 Stasi Hati Kudus Yesus Beumopu, dirinya mengharapkan rasa  kekeluargaan dan persaudaraan antar umat di stasi ini dapat semakin terjalin dengan baik.

“Saya berharap perayaan ini dapat membuat nama Stasi Hati Kudus Yesus Beumopu dikenal oleh masyarakat luas khususnya umat beragama lain di Kota Kupang,” tandas Mahasiswa Semester 6 pada Unwira Kupang itu.

Salah satu umat Katolik di Stasi HKY Beumopu kepada media ini menyampaikan rasa suka citanya karena Stasi ini dapat bertahan selama 20 tahun. “Kapela ini mengalami pasang surut dalam prosesnya. Kami bahagia karena tempat kami berdoa selama ini bisa melewati usia 20 tahun. Kami berharap ada orang-orang baik yang dapat membantu Kapela ini, membangunnya menjadi lebih baik. Dulu umat hanya sedikit, tapi sekarang umat sudah banyak. Ini karena berkat pertolongan Tuhan. Semoga umat Katolik di Kapela HKY Beumopu meneladani Hati Kudus Yesus yang penuh kasih dan penuh cinta,” tutupnya.

Informasi yang diterima, Kapela HKY Beumopu didirikan pada Februari 2002 silam. Saat ini umat Katolik di Beumopu sebanyak 500 orang lebih yang tersebar di empat KUB. (*)

Sumber dan foto (*/tim)