Ayo Menanam ala Golkar NTT, Edukasi Pelajar Cara Menanam di Pekarangan

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Pelajar dari 27 sekolah di Kota Kupang diundang oleh DPD Partai Golkar Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk berpartisipasi dalam gerakan ‘Ayo Menanam’ dalam rangkaian acara HUT ke-74 RI dan menyongsong HUT ke-55 Partai Golkar NTT pada Oktober 2019.

Pantauan media ini, pelajar SMP dan SMA seputar Kota Kupang antusias mengikuti gerakan Ayo Menanam Tumbuhan Pangan seperti tanaman cabai, tomat, bawang, jahe, dll. Gerakan Ayo Menanam Partai Golkar ini dilaksanakan di halaman Gedung DPD Partai Golkar NTT pada Selasa, 13 Agustus 2019.

Dibimbing dan diarahkan oleh Komunitas Ayo Batanam Kupang dibawah pimpinan, Ester Umbu Tara disapa Ete, para pelajar diberikan pemahaman tentang cara menyemai benih, menyiapkan dan memindahkan bibit ke wadah, komposisi tanah dan kompos, cara menanam di pekarangan dan melakukan penyiraman tanaman dengan teknik irigasi tetes dari botol mineral bekas.

Ketua Panitia Kegiatan Ayo Menanam Partai Golkar, Libby Sinlaeloe menyerahkan bibit tanaman pangan kepada salah satu pelajar SMP

Salah satu peserta bernama Ester Manafe dari SMP Negeri 2 Kupang merasa sangat senang dapat mengikuti kegiatan ini. “Saya sangat senang karena memperoleh cara menanam tumbuhan pangan. Setelah ini, saya dapat menerapkan di rumah,” ujarnya.

Ketua panitia kegiatan, Libby Sinlaeloe menyampaikan bahwa Partai Golkar menginisiasi kegiatan ini sebagai bentuk perhatian dalam melihat berbagai persoalan salah satunya stunting dengan memberikan edukasi menanam tumbuhan pangan di pekarangan rumah.

Anwar Pua Geno (baju kaos berkerah oranye dan bercelana hitam) didampingi Moch Ansor dan jajaran pengurus Partai Golkar NTT

Sementara itu, Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno saat membuka kegiatan ayo menanam mengatakan kegiatan ini berdimensi kelestarian lingkungan hidup dan mewakili pemerintah daerah memberikan apresiasi Partai Golkar dalam pembinaan generasi muda yang diterapkan dalam berbagai lomba.

“Menanam pohon sangat penting bagi kelangsungan generasi muda, karena NTT kekurangan air, curah hujan di NTT minim (hanya tiga bulan),” ujar Anwar Pua Geno dan didampingi oleh Wakil Ketua Komisi V DPRD NTT, H. Moch Ansor; Anggota DPRD terpilih dari Kabupaten Kupang, Helmy Ndoki; dan Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe.

Anwar Pua Geno mengucapkan terima kasih kepada guru pendamping dan pelajar yang turut berpartisipasi dalam gerakan Ayo Menanam Partai Golkar.

Penulis dan editor (+rony banase)