Mariano Parada Pimpin Pena Batas RI – RDTL Periode 2022—2024

Loading

Belu – NTT, Garda Indonesia | Mariano Parada didaulat (terpilih) sebagai Ketua Persatuan Jurnalis Perbatasan (Pena Batas) RI – RDTL Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) periode 2022—2024.

Rapat pemilihan berlangsung secara demokratis, dan diikuti oleh 19 (sembilan belas) orang anggota Pena Batas di Nekafehan, Kecamatan Atambua Kota pada Jumat, 18 Februari 2022; dipimpin ketua panitia ad hoc, Yanuarius Parera (wartawan Goberita) dan Sekretaris Teni Jenahas (wartawan Pos Kupang).

Mariano Parada yang juga pemimpin redaksi (Pemred) Oke NTT – Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) ini didaulat menggantikan mantan ketua, Stefanus Dile Payong.

Sebelumnya, peserta rapat diberikan kesempatan untuk mengusulkan nama bakal calon dalam penjaringan melalui voting secara tertutup. Dan, hasilnya ada lima nama bakal calon yang diusulkan yakni, Mariano Parada (wartawan Oke NTT) 9 (sembilan) suara, Yansen Bau (NTT Online) 5 (lima) suara, Teni Jenahas (Pos Kupang) 3 (tiga) suara, Stevanus Dile Payong (MNC grup) 1 (satu) suara, dan Jefri Suni (Indosiar) 1 (satu) suara.

Selanjutnya, dilakukan lobi, dan tiga bakal calon atas nama Stevanus Dile Payong, Yansen Bau dan Jefri Suni menyatakan mengundurkan diri. Sedangkan, Mariano Parada dan Teni Jenahas menyatakan diri siap maju sebagai calon ketua melalui pemilihan tertutup atau voting.

Karena hanya dua bakal calon, maka ketua tim lobi, Ferdinandus Talok didampingi Doru Vincente melakukan lobi dengan kedua bakal calon. Ketua tim lobi memberikan kesempatan pertama kepada dua calon Mariano Parada  dan Teni Jenahas untuk bernegosiasi atau berembuk sebelum dilanjutkan pada pemilihan voting. Hasil negosiasi pertama, bakal calon Mariano Parada dan Teni Jenahas tetap menyatakan siap maju dan mengikuti proses pemilihan melalui voting.

Ketua tim lobi, Ferdi Talok memberikan kesempatan kedua kalinya kepada kedua calon untuk berembuk dengan berbagai pertimbangan yang sangat masuk akal, serta demi keberlangsungan roda organisasi ke depan.

Hasil rembuknya, kedua calon bersepakat menduduki jabatan Ketua dan Sekretaris Pena Batas untuk memimpin organisasi berdasarkan AD/ART. Teni Jenahas pun menyerahkan tampuk kepemimpinan ke Mariano Parada sebagai Ketua Pena Batas periode 2022—2024.

Ferdi Talok melaporkan ke pimpinan ad hoc dan memutuskan Mariano Parada terpilih secara aklamasi sebagai Ketua, dan Teni Jenahas menjabat sebagai Sekretaris Pena Batas RI – RDTL periode 2022—2024.

Usai pemilihan, pimpinan ad hoc memberikan kesempatan kepada pimpinan Pena Batas, yakni Ketua dan Sekretaris terpilih untuk menyampaikan pidato singkat tentang program, kegiatan dan harapan Pena Batas untuk dua tahun ke depan.

Secara bergantian, Ketua Pena Batas, Mariano Parada dan Sekretaris Teni Jenahas memberikan ungkapan hati atas kepercayaan anggota untuk memimpin Pena Batas RI – RDTL.

Mariano dan Teni mengajak anggota Pena Batas agar menjaga kekompakan dan menjaga muruah wartawan di mata publik. Pers sebagai salah satu pilar demokrasi harus bisa berdiri kokoh dan bermartabat serta berbakti untuk menyejahterakan kehidupan bangsa.

Mantan ketua, Stefanus Dile Payong didampingi mantan sekretaris Yansen Bau mengucapkan terima kasih atas dukungan dari anggota sehingga kegiatan pemilihan pengurus Pena Batas dapat berlangsung aman, lancar dan sukses.

Evan dan Yansen juga  menyampaikan permohonan maaf, apabila ada kekhilafan dan kekeliruan selama masa kepemimpinan mereka.

“Saya bersama pak Sek menyampaikan terima kasih dan mohon maaf, bila selama masa kepemimpinan kami ada hal yang kurang berkenan,” ucap Evan diamini Yansen. (*)

Penulis (*/Herminus Halek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *