HUT Ke-65 NTT, Bank NTT ‘Kick off’ Bank Devisa

Loading

Kupang, Garda Indonesia | Pada momentum HUT ke-65 Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu, 20 Desember 2023, maka Bank Pembangunan Daerah atau Bank NTT mempersembahkan kado istimewa bagi pemerintah dan seluruh masyarakat NTT. Usai tahapan uji coba pelayanan di 11 (sebelas) kantor pada tanggal 15 Desember 2023, dilakukanlah kick off layanan sebagai Bank Devisa.

Bank NTT telah memperoleh Izin operasional Bank Devisa dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan telah dilakukan peluncuran Bank Devisa pada 4 September 2023. Dan Bank NTT telah memenuhi seluruh persyaratan guna menjalankan kegiatan usaha dalam bentuk valuta asing (valas).

Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho dalam sebuah wawancara dengan media ini di Kupang baru-baru ini, menjelaskan bahwa dalam uji coba pelaksanaannya pekan lalu, ternyata tidak ada kendala berarti.

“Tidak ada kendala secara serius baik teknis operasional maupun sistemnya. Dipastikan tanggal 20 Desember sudah sangat siap untuk implementasinya. Kemarin di semua kantor cabang dilakukan uji coba pembukaan rekening, tabungan, giro dan deposito serta beberapa transaksi. Penukaran dan lain-lain itu sudah tidak masalah. Jadi tanggal 20 dipastikan kita bisa kick off sebagai bank devisa. Kita benar-benar sudah layak dipercaya dan layak diandalkan dan mohon dukungan semua pihak,” ucapnya.

Pria yang disapa Alex Riwu Kaho ini pun menekankan, berdasarkan hasil evaluasi di hari pertama, semua sudah berjalan  baik, Ada beberapa transaksi di hari pertama pada 11 cabang. Dan sudah berjalan sesuai harapan, sesuai personal dan sistemnya. Apalagi, respons publik juga bagus.

“Kali ini baru 11 cabang dan secara bertahap kita akan melihat kantor cabang mana yang kompeten mana yang memenuhi beberapa indikator untuk segera dilakukan pelayanan bank devisa. Tapi sesuai dengan kapasitas, potensi dan berbagai indikator yang digunakan untuk bank devisa itu hadir di daerah. Dari sisi teknis dan SDM, baik di operasional, mitigasi risiko dan lainnya, siap dan andal untuk beroperasi,” ungkap Alex.

Adapun 11 kantor yang sudah siap melayani masyarakat dalam bentuk valuta asing (Valas), yaitu Kantor Cabang Utama Kupang, Cabang Khusus, Cabang Atambua, Cabang Rote, Cabang Maumere, Cabang Ende, Cabang Bajawa, Cabang Labuan Bajo, Cabang Waingapu, Cabang Waitabula, Cabang Kalabahi, dan 3 unit Money Changer yaitu Kantor Cabang Pembantu Nemberala, Kantor Cabang Pembantu Motaain, Kantor Fungsional Kampung Ujung.

Sementara transaksi yang sudah dapat dilaksanakan pada fase pertama ini antara lain : remittance (incoming dan outgoing transfer), pembukaan DPK Valas (Tabungan Valas, Giro Valas, Deposito Valas) dan transaksi jual/beli Bank Notes. (*)

Sumber (*/Humas Bank NTT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *