Wisatawan Mancanegara & Domestik Kagum Pesona Kelabba Maja

Loading

Sabu Raijua-NTT, Garda Indonesia | Pesona Kelabba Maja, obyek wisata di Kecamatan Mesara Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengusik perhatian dunia melalui pagelaran even Festival Jelajah Pesona Kelabba Maja yang dihelat pada 9—12 September 2019.

Tak hanya penduduk asli Sabu Raijua, wisatawan domestik dan mancanegara turut mengambil bagian menyaksikan pesona Kelabba Maja yang dipercaya oleh masyarakat Sabu sebagai tempat bersemayam para dewa dan tempat pemujaan bagi penganut aliran kepercayaan.

3 (tiga) batu mazbah utama di Kelabba Maja Sabu Raijua

Sepintas pengamatan Garda Indonesia saat berada di lokasi, terdapat 3 (tiga) buah mazbah (*meja tinggi dari kayu, batu; dan sebagainya tempat mempersembahkan kurban, KBBI V versi Luring), seperti yang masih dilakukan oleh penganut aliran kepercayaan Jingitiu (*Sumber https://saburaijuakab.go.id/halaman/agama) ; yang mana beberapa norma kepercayaan asli masih tetap dipertahankan, antara lain penggunaan kalender adat saat menentukan waktu bertanam dan waktu yang tepat untuk melaksanakan upacara. Selain itu, beberapa masyarakat juga masih menerapkan ketentuan hidup adat atau Uku yang konon dipercaya mengatur seluruh kehidupan manusia dan berasal dari leluhur mereka.

Wisatawan Domestik asal Ternate, Deby Coralia Toni (24 tahun)

Seorang wisatawan domestik asal Ternate, Deby Coralia Toni (24 tahun) menyampaikan bahwa NTT sangat cantik dan memperoleh informasi dari teman tentang Festival Kelabba Maja.

“Saya penasaran dan ingin melihat langsung karena saya suka eksplorasi tempat wisata yang belum banyak orang tahu dan saya suka jalan di NTT,” ujar Alumni Universitas Khairun Ternate tahun 2018.

Penyuka traveling ini juga mengatakan akan membuat sebuah video tentang keindahan Sabu Raijua dan membagikan ke chanel youtube dan instagram miliknya.

Selain itu, Deby juga menyampaikan niat untuk mengunjungi Pulau Raijua namun tidak terdapat dalam jadwal (schedule) Festival Jelajah Pesona Kelabba Maja.

Berbeda dengan wisatawan mancanegara asal Perancis, Juliette yang mengunjungi Kelabba Maja bersama suami dan anaknya, Guillaume, Jo dan Elodie. Kepada media ini Juliette mengatakan bahwa suaminya seorang koki (chef) yang sering berkunjung ke Sabu menggunakan perahu layar (sail boat) dari Perancis.

“Kami sekeluarga menggunakan perahu layar dari Perancis, ke Australia kemudian ke Indonesia, Sabu Raijua,” ujarnya pada Kamis, 12 September 2019

“Kami sangat beruntung bisa mengikuti Festival Pesona Jelajah Kelabba dan kami akan menulis tentang pengalaman terbaik kami di sini dan menulis tentang Sabu Raijua di portal berita (website) di http://www.travelthe7seas.com, “ tandas Juliette.

Penulis, editor dan foto (+rony banase)