Pulih dari Covid-19, Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi Kembali Berkantor

Loading

Kupang-NTT,  Garda Indonesia | Wakil Gubernur NTT,  Josef A. Nae Soi (JNS) dinyatakan sembuh dari Covid-19. Kondisi kesehatan terkini dari pasangan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) tersebut diungkapkannya saat memberikan keterangan pers kepada para wartawan bertempat di ruang rapat gubernur pada Senin, 25 Januari 2020.

“Puji Tuhan dan terima kasih atas dukungan dan doa masyarakat NTT, para ASN dan wartawan sehingga saya sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Sebelumnya, saya melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) pada tanggal 20 Januari. Saya sangat senang karena kondisi sudah pulih dan sehat kembali,” ujar Wagub Josef Nae Soi.

Baca juga : http://gardaindonesia.id/2021/01/11/rumah-jabatan-mobil-wakil-gubernur-ntt-didesinfeksi-anti-covid-19/

Wagub Nae Soi pun ingin agar masyarakat yang terpapar Covid-19, jangan panik dan melakukan perawatan serta isolasi mandiri dengan disiplin. “Tingkatkan imunitas tubuh dan juga mengonsumsi makanan bergizi serta vitamin,” imbaunya.

Ia menjelaskan awal mula dinyatakan terjangkit virus Covid 19 pada tanggal 6 Januari 2021, usai melakukan rapid test dan swab yang mana sebelumnya sempat mengalami gejala demam tinggi. “Awalnya saya merasa demam tinggi sehingga melakukan rapid tes dan swab, kemudian dinyatakan positif juga nilai CN (Cycle Number) hanya berada pada angka 3 yang artinya saya terjangkit secara luar biasa. Saat itu saya demam sampai 38,9 derajat. Juga batuk dan mulut terasa hambar, serta badan agak lemas, nafsu makan hilang namun penciuman saya masih baik,” ungkapnya.

Wagub NTT Josef Nae Soi (tengah) didampingi Sekda Benediktus Polo Maing saat memberikan keterangan pers kepada awak media pada Senin pagi, 25 Januari 2021

Dalam keadaan seperti itu, papar Wagub Nae Soi, tidak mau putus asa dan bertekad untuk menghadapi dan melakukan perawatan untuk penyembuhan. “Saya isolasi mandiri di rumah dengan kamar tersendiri agar tidak ada kontak dengan anggota keluarga. Saya jaga pola makan, minum vitamin dan antibiotik, juga berolahraga,” jelasnya.

Pada Rabu, 20 Januari 2021, ungkap Wagub Nae Soi, melakukan tes PCR dinyatakan negatif. “Besoknya lagi saya tes swab dan dinyatakan mendekati negatif. Kemudian tanggal 23 Januari, saya minta lakukan lagi tes PCR dan dinyatakan negatif  nilai CN sudah naik menjadi kategori di atas 31 artinya kondisi sudah membaik,” bebernya.

Wagub Nae Soi juga mengimbau masyarakat NTT untuk tetap menjaga imunitas tubuh, menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan juga menjaga jarak serta tidak berkumpul atau membuat kerumunan. “Kita sebagai manusia harus berusaha sekuat tenaga untuk menghadapi bersama pandemi ini,” tegas beliau.

Ia menandaskan bahwa Pemerintah Provinsi NTT akan lakukan rapat kolaborasi bersama Pemerintah Kabupaten/Kota juga mengimbau secara serius dan tegas untuk bisa melakukan pencegahan dan menekan tingkat produktivitas penularan  Covid-19. “Presiden juga sudah instruksikan dana penanganan covid harus terealisasi dengan baik di daerah untuk membantu masyarakat menghadapi pandemi ini,” pungkasnya. (*)

Sumber berita dan foto (*/Meldo Nailopo)

Foto oleh Humas Setda NTT

Editor (+roni banase)