DPRD TTU Komisi III Studi Banding Layanan BLUD RSUD Atambua

Loading

Belu–NTT, Garda Indonesia | Komisi III DPRD Timor Tengah Utara (TTU) bersama Direktur RSUD TTU, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)  melakukan studi banding tentang sistem pelayanan dan tata kelola Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua, Kabupaten Belu pada Jumat, 8 Oktober 2021.

Ketua Komisi III DPRD TTU, Therensius Lazakar menjelaskan, kunjungan kerja (kunker) bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang layanan tata kelola BLUD RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD.

“Kami hadir di sini bersama 12 orang yang terdiri dari wakil ketua komisi III bersama anggota serta direktur RSUD TTU. Terima kasih atas sambutannya yang hangat kepada kami,” ungkap Lazakar.

Rombongan diterima Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, M.M. dan Plt. Kadis Kesehatan, Drs. Egidius Nurak bersama manajemen RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD.

Dalam sambutannya, Wabup Alo Haleserens menyampaikan, RSUD Atambua saat ini telah menjadi BLUD sehingga pendapatan yang diterima, dikelola secara mandiri untuk meningkatkan pelayanan kesehatan secara premium kepada masyarakat sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Belu yakni mewujudkan masyarakat Belu yang sehat, berkarakter dan kompetitif.

Diterangkan Wabup Aloysius Haleserens, bahwa saat ini Kabupaten Belu telah mencapai ‘total health coverage’. Seluruh warga Belu berobat gratis hanya dengan menunjukkan KTP, KK atau Kartu Tanda Lahir mulai dari pelayanan kesehatan di puskesmas sampai ke rumah sakit. Rujuk ke mana pun semuanya gratis.

Wabup Alo Haleserens juga mengharapkan agar dengan kunker ini, Kabupaten Belu dan TTU bisa saling berbagi informasi dan mengisi kekurangan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Ada kelebihan dari Belu, kita mengisi kekurangan di TTU. Begitu pun sebaliknya. Itu yang mau kita lakukan, mudah – mudahan dalam waktu dekat,” harapnya.

Dalam kegiatan itu, dipresentasikan juga profil RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD oleh KTU RSUD, Sisilia E. Tae dan dilanjutkan dengan diskusi yang dipimpin oleh Plt. Kadis Kesehatan

Diketahui, RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua saat ini merupakan rumah sakit kelas C/rumah sakit rujukan untuk Kabupaten Malaka, TTU serta Negara Timor Leste. Terakreditasi madya dengan layanan unggulannya yakni hemodialisa (layanan cuci darah 10 tempat tidur), CT scan 64 slice (proses ijin), incenerator (pengolahan limbah padat) yang memiliki ijin operasional, SIM RS (seluruh pelayanan terkoneksi secara digital termasuk dengan Bank) dan Lab PCR (segera difungsikan). (*)

Berita + foto: (*/prokompimbelu)

Editor: Herminus Halek