MSC & Bill Gates Foundation Jajak Kerja sama dengan Bank NTT

Loading

Kupang, Garda Indonesia | Pada Selasa siang, 13 Desember 2022, bertempat di kantor pusat; Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho, bersama Direktur Kepatuhan, Christofel Adoe dan sejumlah pimpinan lainnya, menerima kunjungan tim dari MicroSave Consulting (MSC) dan The Bill and Melinda Gates Foundation (BGMF).

Dalam surat resmi yang ditujukan ke Bank NTT, MSC dan BGMF selama 4 (empat) hari pada 11—14 Desember 2022, berkunjung guna memahami lanskap demografi, infrastruktur dan akses terhadap layanan keuangan (terutama keuangan digital), program pemberdayaan masyarakat atau pengembangan UMKM yang dilakukan Bank NTT kepada masyarakat NTT.

Untuk diketahui, MSC adalah perusahaan konsultan global yang berfokus pada inklusi sosial, ekonomi dan keuangan untuk semua orang di era digital. Dan The Bill and Melinda Gates Foundation adalah lembaga non-profit yang didirikan oleh Bill Gates dan istrinya Melinda French Gates, pendiri Microsoft Corporation, sebuah perusahaan multinasional yang berkantor di Amerika Serikat.

Perusahaan tersebut bergerak di bidang produksi perangkat lunak komputer, elektronik dan lainnya. BGMF memiliki visi untuk memerangi kemiskinan, penyakit dan ketidakadilan di seluruh dunia guna menciptakan dunia di mana setiap orang memiliki kesempatan untuk hidup sehat dan produktif. MSC bekerja sama dengan BGMF untuk mendukung program pemerintah dalam upaya percepatan inklusi keuangan digital (Acceleration for Digital Financial Inclusion).

“Kedatangan kami ke sini, agar meminta Bank NTT menyampaikan presentasi mengenai layanan keuangan digital yang selama ini sudah dilakukan, mengenal Be Ju Bisa (Agen Laku Pandai Bank NTT), program bantuan sosial dan UMKM Bank NTT,” demikian Grace Retnowati, Country Program Director-MSC Indonesia. Tim ini pun tertarik untuk mengunjungi Agen Laku Pandai Be ju Bisa.

Dirut Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho dan Direktur Kepatuhan, Christofel Adoe pose bersama tim dari MSC dan Bill and Melinda Gates Foundation USA di kantor pusat Bank NTT. Foto: Humas Bank NTT

Adapun dari tim MSC yakni Grace Retnowati, Raunak Kapoor selaku Country Program Manager – Digital Financial Services – MSC Indonesia, Rahmatika Febrianti sebagai Assistant Manager dan Siti Muthmainnah yang adalah Copy Editor. Sementara tim dari Bill and Melinda Gates Foundation yakni Jason Lamb, Deputy Director – Focus Country Implementation  dan Brooke Patterson sebagai Program Officer – Financial Services for the Poor.

Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander saat menerima kunjungan Yayasan Bill & Melinda Gates dan MSC menyampaikan bahwa kunjungan tim ini untuk menjajaki kerja sama pengembangan UMKM dan digitalisasi sistem pembayaran di Bank NTT.

“Tentu ini adalah sebuah kesempatan baik bagi bank kita sehingga kita dengan tangan terbuka menerima mereka,” ungkap Alex, sapaan karibnya.

Usai tatap muka, mereka mengunjungi agen Be Ju Bisa binaan Bank NTT, dan melihat dari dekat aktivitas di sana. Mereka pun menaruh simpati atas inovasi Bank NTT dalam kemitraan dengan para pelaku UMKM. Tidak hanya itu, melainkan optimalisasi kanal-kanal pembayaran dari Bank NTT, yang selama ini dilakukan secara digital. (*)

Sumber (*/Humas Bank NTT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *