Air Bersih Berkat Terang PLN, Kado Natal Terindah untuk Desa Kringa
- account_circle Penulis
- calendar_month 3 jam yang lalu
- visibility 41
- comment 0 komentar

![]()
Manager PLN UP3 Flores Bagian Timur, Eko Riduwan, menyampaikan bahwa inisiatif ini adalah bagian dari misi PLN untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah kerjanya.
Sikka | Akses air bersih kini bukan lagi sekadar impian bagi warga Desa Kringa, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Jelang perayaan Natal dan Tahun baru 2206, PLN melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Flores Bagian Timur hadir memberikan solusi nyata dengan menyalurkan bantuan pemasangan dua unit kWh meter untuk mendukung operasional instalasi air bersih desa pada Selasa, 23 Desember 2025.
Bantuan yang disalurkan melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) ini bertujuan untuk memastikan sistem penyediaan air bersih desa dapat beroperasi secara optimal dan berkelanjutan. Dengan pasokan listrik yang andal, mesin pompa air kini dapat bekerja maksimal untuk memenuhi kebutuhan dasar rumah tangga seluruh warga desa.
Manager PLN UP3 Flores Bagian Timur, Eko Riduwan, menyampaikan bahwa inisiatif ini adalah bagian dari misi PLN untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah kerjanya.
“PLN tidak hanya hadir sebagai penyedia setrum, tetapi juga sebagai mitra pembangunan sosial. Kami berharap bantuan kWh meter ini menjadi penggerak bagi warga Desa Kringa agar dapat mengelola sistem air bersih mereka secara mandiri dan berkelanjutan,” ujar Eko.

Penyerahan secara simbolis bantuan PLN yang disambut dengan senyum kebahagiaan dari warga Desa Kringa-Sikka. Foto : tim PLN
Kebahagiaan terpancar dari wajah para warga. Kepala Dusun Desa Kringa, Yuliana Tenun, menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya yang mendalam atas perhatian PLN terhadap kendala yang dihadapi warganya selama ini.
“Terima kasih banyak kepada PLN yang telah memperhatikan kebutuhan kami. Kehadiran instalasi air bersih yang didukung listrik ini sangat meringankan beban aktivitas sehari-hari warga, terutama ibu-ibu untuk kebutuhan rumah tangga. Semoga PLN terus jaya dan terus membantu masyarakat kecil,” ungkap Yuliana dengan haru.
Terpisah, General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTT, F. Eko Sulistyono, menegaskan bahwa PLN memiliki komitmen ganda: menjalankan bisnis kelistrikan sekaligus mengemban misi sosial.
“Kami ingin menjadi pionir kesejahteraan. Kami percaya bahwa kemudahan akses air bersih akan berbanding lurus dengan peningkatan kualitas kesehatan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Inilah kontribusi nyata kami untuk pembangunan berkelanjutan di NTT,” tegasnya.
Melalui program TJSL yang berkelanjutan, PLN UP3 Flores Bagian Timur terus berupaya hadir di tengah masyarakat, membawa terang yang tidak hanya menerangi rumah, tetapi juga menggerakkan sendi-sendi kehidupan masyarakat di pelosok Flores.(*)
- Penulis: Penulis
- Editor: Roni Banase
- Sumber: Tim PLN UIW NTT











Saat ini belum ada komentar