Breaking News
light_mode
Trending Tags
Beranda » Ekonomi dan Bisnis » Kepala OJK NTT Akui Layanan Digital Bank NTT Sangat Bagus

Kepala OJK NTT Akui Layanan Digital Bank NTT Sangat Bagus

  • account_circle Penulis
  • calendar_month Sel, 18 Okt 2022
  • visibility 2
  • comment 0 komentar

Kupang, Garda Indonesia | Kepala Otoritas Jasa Keuangan Nusa Tenggara Timur (OJK NTT) Japarmen Manalu kepada awak media di sela sesi acara Ramai Skali Bank NTT pada Sabtu sore, 15 Oktober 2022; mengungkapkan bahwa saat ini penerapan sistem digitalisasi Bank NTT sangat bagus. Menurutnya, Bank NTT sebagai bank pelopor dan penggerak ekonomi masyarakat sudah menjalankan fungsinya dengan baik, dengan membuka akses keuangan yang lebih luas.

Beberapa terobosan seperti layanan digitalisasi dan Laku Pandai merupakan 2 (dua) hal yang sangat bagus dan cocok diterapkan di NTT. “Kenapa sangat bagus? Karena topografi NTT itu kan daerah kepulauan. Kalau membangun jaringan kantor, itu kan butuh investasi besar. Makanya digitalisasi ditambah dengan Laku Pandai sangat bagus dan cocok,” ujar Japarmen Manalu.

Ia menguraikan, Laku Pandai adalah layanan keuangan tanpa jaringan kantor dalam rangka inklusi. Layanan ini bisa menjangkau masyarakat yang berada di seluruh pelosok NTT. “Jadi kerja sama antara Bank NTT dan masyarakat pemodal, tanpa perlu membangun kantor dan tanpa membutuhkan pegawai. Kemarin saya lihat (Laku Pandai) di Rote itu sangat bagus,” ungkapnya.

Terpisah, Direktur Utama Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho dalam beberapa kesempatan menegaskan komitmennya untuk membangun sistem layanan yang serba digital di Bank NTT.

Sejak menjadi Direktur Utama Bank NTT pada Kamis, 22 Oktober 2020, pria yang akrab disapa Alex Riwu Kaho ini telah membangun sistem digital yang sangat berguna secara internal untuk Bank NTT, maupun secara eksternal untuk mendukung program-program strategis pemerintah daerah.

Di bawah kepemimpinannya, Bank NTT telah menjadi salah satu motor penggerak ekonomi dengan menghadirkan berbagai layanan cerdas, untuk membantu dan memudahkan masyarakat NTT. Salah satunya adalah sistem pembayaran pajak daerah secara online, yang akan berdampak terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta CMS untuk memudahkan pemerintah daerah melaporkan penggunaan keuangan APBD maupun APBDes.

Terbaru, Bank NTT pun meluncurkan  sebuah aplikasi digital yang disebut B’Pung Petani untuk membantu pemerintah mengatasi inflasi maupun ancaman krisis pangan dunia. Aplikasi digital B’Pung Petani pun diapresiasi oleh Gubernur NTT Viktor Laiskodat. Ia bahkan menyebut B’Pung Petani sanggup memberikan daya tahan terhadap sektor perekonomian masyarakat NTT.

Kemudian secara internal, Bank NTT juga telah memiliki 2 (dua) kantor cabang yang disebut Smart Branch. Kedua kantor ini menerapkan sistem pelayanan secara digital. Penerapan Smart Branch meliputi penggunaan Mesin SBS dan Mesin Kios-K. Sistem ini memberikan kemudahan bagi nasabah untuk membuka nomor rekening dan pengajuan kredit secara mandiri. Smart Branch telah diterapkan di Kantor Cabang Khusus dan Kantor Cabang Utama Bank NTT.

Bank NTT pun telah memiliki mesin tarik setor tunai atau Cash Recycle Machine (CRM) di seluruh Kantor Cabang Bank NTT yang memudahkan nasabah melakukan tarik dan setor uang tanpa harus mengantre di loket

Kemudian, layanan Smart EDC, Agen Laku Pandai, Digital Agen (Di@ Bisa) dan Be Ju Bisa Bank NTT telah tersebar di seluruh pelosok NTT. Jumlah agen Bank NTT sudah mencapai lebih dari 7.000 orang. (*)

Sumber (*/tim/koranntt)

Foto : istimewa/Eman Krova

  • Penulis: Penulis

Komentar (0)

Saat ini belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Rekomendasi Untuk Anda

  • Prajurit Yonmarhanlan VII Raih Juara Pertama Menembak

    Prajurit Yonmarhanlan VII Raih Juara Pertama Menembak

    • calendar_month Jum, 19 Okt 2018
    • account_circle Penulis
    • visibility 0
    • 0Komentar

    Kupang-NTT, gardaindonesia.id | Batalyon Marinir pertahanan pangkalan (Yonmarhanlan) VII Kupang berhasil menjuarai lomba menembak senapan laras panjang dalam rangka HUT ke 71 Korps Paskhas TNI AU tahun 2018 di Lapangan Tembak Elang Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (17/10/18). Komandan Yonmarhanlan VII Kupang Letkol Marinir Septino Lasamahu, S.E., M.Tr, Hanla (Jumat/19/10/18), berharap agar prestasi yang […]

  • TUKAR UANG BARU! BI NTT Sedia 2,48 Triliun Pecahan 1.000—50.000

    TUKAR UANG BARU! BI NTT Sedia 2,48 Triliun Pecahan 1.000—50.000

    • calendar_month Sen, 18 Mar 2024
    • account_circle Penulis
    • visibility 2
    • 0Komentar

    Kupang, Garda Indonesia | Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur (BI NTT) melakukan peluncuran atau kick off “Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi)” pada Senin pagi, 18 Maret 2024. Adapun Serambi dicanangkan Bank Indonesia untuk memenuhi kebutuhan uang Rupiah dan layanan kas kepada masyarakat pada momentum Ramadan dan Idul Fitri. Kepala […]

  • Waingapu Jadi Kota Ketiga Penentu Inflasi di NTT

    Waingapu Jadi Kota Ketiga Penentu Inflasi di NTT

    • calendar_month Sel, 11 Jun 2019
    • account_circle Penulis
    • visibility 1
    • 0Komentar

    Kupang-NTT, Garda Indonesia | Di tahun 2019, Kota Waingapu, Ibu Kota Kabupaten Sumba Timur menjadi Kota Ketiga penentu laju inflasi di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kepastian Kota Waingapu menjadi Kota Ketiga Penentu Laju Inflasi disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) NTT, Maritje Pattiwaellapia saat jumpa pers bersama awak media di Ruang Telekonferensi, Senin, 10 […]

  • Pemda dan Pengusaha Dukung Bank NTT Jadi ‘Super Smart Bank’

    Pemda dan Pengusaha Dukung Bank NTT Jadi ‘Super Smart Bank’

    • calendar_month Kam, 15 Jul 2021
    • account_circle Penulis
    • visibility 3
    • 0Komentar

    Kupang-NTT, Garda Indonesia | Menjelang  HUT ke-59 Bank NTT pada Sabtu, 17 Juli 2021, apa harapan para pemegang saham terhadap masa depan bank kebanggaan masyarakat NTT ini? Bupati Belu, Taolin Agustinus adalah satu dari sekian kepala daerah, sebagai pemegang saham yang memiliki keinginan agar Bank NTT tumbuh menjadi bank yang kuat, sehat, terpercaya, dan harus […]

  • Reaksi Cepat Jasa Raharja Beri Santunan bagi Korban Lakalantas di Bolok Kupang

    Reaksi Cepat Jasa Raharja Beri Santunan bagi Korban Lakalantas di Bolok Kupang

    • calendar_month Kam, 6 Feb 2020
    • account_circle Penulis
    • visibility 1
    • 0Komentar

    Kupang-NTT, Garda Indonesia | Kecelakaan lalu lintas antara Mobil Pikap DH 9169 AJ dengan Mobil Toyota Rush DH 1882 HH di Jalan Raya Desa Bolok, Kec. Kupang Barat Kabupaten Kupang pada Rabu, 5 Februari 2020, menewaskan 1 (satu) orang dan menyebabkan 15 orang luka-luka (8 orang luka berat, dan 7 orang luka ringan). Kepala Cabang […]

  • Virus Literasi Polikarpus Do bagi Guru SD Gugus II Taebenu Kupang

    Virus Literasi Polikarpus Do bagi Guru SD Gugus II Taebenu Kupang

    • calendar_month Jum, 31 Mei 2024
    • account_circle Penulis
    • visibility 2
    • 0Komentar

    Kupang | Guna memperkuat kompetensi di bidang literasi, guru-guru sekolah dasar gugus II Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang mengikuti workshop penguatan literasi di SDN Manefu. Dihelat selama 2 (dua) hari, Selasa—Rabu, 28-29 Mei 2024, workshop berjalan lancar. Adapun sekolah-sekolah yang tergabung dalam Gugus II Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang adalah SDN Manefu, SDN Tulun, SDN Oeika dan […]

expand_less