Breaking News
light_mode
Trending Tags
Beranda » Ekonomi dan Bisnis » Kepala OJK NTT Akui Layanan Digital Bank NTT Sangat Bagus

Kepala OJK NTT Akui Layanan Digital Bank NTT Sangat Bagus

  • account_circle Penulis
  • calendar_month Sel, 18 Okt 2022
  • visibility 35
  • comment 0 komentar

Loading

Kupang, Garda Indonesia | Kepala Otoritas Jasa Keuangan Nusa Tenggara Timur (OJK NTT) Japarmen Manalu kepada awak media di sela sesi acara Ramai Skali Bank NTT pada Sabtu sore, 15 Oktober 2022; mengungkapkan bahwa saat ini penerapan sistem digitalisasi Bank NTT sangat bagus. Menurutnya, Bank NTT sebagai bank pelopor dan penggerak ekonomi masyarakat sudah menjalankan fungsinya dengan baik, dengan membuka akses keuangan yang lebih luas.

Beberapa terobosan seperti layanan digitalisasi dan Laku Pandai merupakan 2 (dua) hal yang sangat bagus dan cocok diterapkan di NTT. “Kenapa sangat bagus? Karena topografi NTT itu kan daerah kepulauan. Kalau membangun jaringan kantor, itu kan butuh investasi besar. Makanya digitalisasi ditambah dengan Laku Pandai sangat bagus dan cocok,” ujar Japarmen Manalu.

Ia menguraikan, Laku Pandai adalah layanan keuangan tanpa jaringan kantor dalam rangka inklusi. Layanan ini bisa menjangkau masyarakat yang berada di seluruh pelosok NTT. “Jadi kerja sama antara Bank NTT dan masyarakat pemodal, tanpa perlu membangun kantor dan tanpa membutuhkan pegawai. Kemarin saya lihat (Laku Pandai) di Rote itu sangat bagus,” ungkapnya.

Terpisah, Direktur Utama Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho dalam beberapa kesempatan menegaskan komitmennya untuk membangun sistem layanan yang serba digital di Bank NTT.

Sejak menjadi Direktur Utama Bank NTT pada Kamis, 22 Oktober 2020, pria yang akrab disapa Alex Riwu Kaho ini telah membangun sistem digital yang sangat berguna secara internal untuk Bank NTT, maupun secara eksternal untuk mendukung program-program strategis pemerintah daerah.

Di bawah kepemimpinannya, Bank NTT telah menjadi salah satu motor penggerak ekonomi dengan menghadirkan berbagai layanan cerdas, untuk membantu dan memudahkan masyarakat NTT. Salah satunya adalah sistem pembayaran pajak daerah secara online, yang akan berdampak terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta CMS untuk memudahkan pemerintah daerah melaporkan penggunaan keuangan APBD maupun APBDes.

Terbaru, Bank NTT pun meluncurkan  sebuah aplikasi digital yang disebut B’Pung Petani untuk membantu pemerintah mengatasi inflasi maupun ancaman krisis pangan dunia. Aplikasi digital B’Pung Petani pun diapresiasi oleh Gubernur NTT Viktor Laiskodat. Ia bahkan menyebut B’Pung Petani sanggup memberikan daya tahan terhadap sektor perekonomian masyarakat NTT.

Kemudian secara internal, Bank NTT juga telah memiliki 2 (dua) kantor cabang yang disebut Smart Branch. Kedua kantor ini menerapkan sistem pelayanan secara digital. Penerapan Smart Branch meliputi penggunaan Mesin SBS dan Mesin Kios-K. Sistem ini memberikan kemudahan bagi nasabah untuk membuka nomor rekening dan pengajuan kredit secara mandiri. Smart Branch telah diterapkan di Kantor Cabang Khusus dan Kantor Cabang Utama Bank NTT.

Bank NTT pun telah memiliki mesin tarik setor tunai atau Cash Recycle Machine (CRM) di seluruh Kantor Cabang Bank NTT yang memudahkan nasabah melakukan tarik dan setor uang tanpa harus mengantre di loket

Kemudian, layanan Smart EDC, Agen Laku Pandai, Digital Agen (Di@ Bisa) dan Be Ju Bisa Bank NTT telah tersebar di seluruh pelosok NTT. Jumlah agen Bank NTT sudah mencapai lebih dari 7.000 orang. (*)

Sumber (*/tim/koranntt)

Foto : istimewa/Eman Krova

  • Penulis: Penulis

Komentar (0)

Saat ini belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Rekomendasi Untuk Anda

  • MK Unjuk Gigi Dinilai Selamatkan Demokrasi Indonesia

    MK Unjuk Gigi Dinilai Selamatkan Demokrasi Indonesia

    • calendar_month Rab, 21 Agu 2024
    • account_circle Penulis
    • visibility 43
    • 0Komentar

    Loading

    Jakarta | Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonan Partai Buruh dan Partai Gelora untuk sebagian terkait ambang batas pencalonan kepala daerah. Dalam Putusan Nomor 60/PUU-XXII/2024 tersebut, Mahkamah juga memberikan rincian ambang batas yang harus dipenuhi partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu untuk dapat mendaftarkan pasangan calon kepala daerah (gubernur, bupati, dan wali kota). Putusan […]

  • Wagub Josef Imbau Pansimas Refleksi Akses Air Bersih & Sanitasi

    Wagub Josef Imbau Pansimas Refleksi Akses Air Bersih & Sanitasi

    • calendar_month Rab, 28 Nov 2018
    • account_circle Penulis
    • visibility 38
    • 0Komentar

    Loading

    Kupang, gardaindonesia.id | Josef Nae Soi-Wagub NTT mengajak para fasilitator Penyediaan Air Minum dan dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) untuk bekerja dengan sepenuh hati dalam mewujudkan akses masyarakat terhadap air bersih dan sanitasi. Salah satunya dengan melakukan refleksi kritis atas setiap pekerjaan yang telah dijalankan selama ini. “Rapat Koordinasi ini merupakan momen untuk membuat refleksi […]

  • Pemkot Kupang Kaji Belajar Tatap Muka di Januari 2021

    Pemkot Kupang Kaji Belajar Tatap Muka di Januari 2021

    • calendar_month Sel, 8 Des 2020
    • account_circle Penulis
    • visibility 40
    • 0Komentar

    Loading

    Kota Kupang, Garda Indonesia | Pemerintah Kota Kupang melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbang) Kota Kupang melakukan kajian strategi sektor pendidikan terkait rencana pembelajaran tatap muka pada Januari 2021 mendatang. Kajian tersebut melibatkan peneliti dari kalangan akademisi dan tim pengendali mutu kajian. Sebagai tahap akhir dari pelaksanaan kajian tersebut digelar seminar bertajuk “Analisis Strategi […]

  • Kabupaten Alor Bakal Dapat Terang Listrik PLN di Semua Pelosok

    Kabupaten Alor Bakal Dapat Terang Listrik PLN di Semua Pelosok

    • calendar_month Sel, 29 Jul 2025
    • account_circle Penulis
    • visibility 57
    • 0Komentar

    Loading

    Selain memperkuat infrastruktur listrik, PLN juga berfokus pada edukasi masyarakat mengenai pentingnya penggunaan listrik secara aman. Sinergi dengan pemerintah daerah menjadi kunci utama.   Kalabahi | PT PLN (Persero) terus mengukuhkan komitmennya dalam mewujudkan pemerataan akses listrik di seluruh pelosok Indonesia. Dalam semangat sinergi dan kolaborasi yang erat, jajaran manajemen PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan […]

  • Moeldoko : Jangan Ganggu Pak Jokowi, Itu Urusan Saya!

    Moeldoko : Jangan Ganggu Pak Jokowi, Itu Urusan Saya!

    • calendar_month Sab, 6 Mar 2021
    • account_circle Penulis
    • visibility 33
    • 0Komentar

    Loading

    Oleh: Andre Vincent Wenas “Beliau (Jokowi) dalam hal ini tidak tahu sama sekali, tidak tahu apa-apa dalam hal ini,” begitu pernyataan Moeldoko pada Februari lalu. “Saya sangat yakin bahwa yang dilakukan Moeldoko adalah di luar pengetahuan Presiden Jokowi,” yang ini pernyataan SBY, masih di bulan Maret. Lalu KLB di Deli Serdang! Aklamasi memilih Moeldoko sebagai […]

  • Wagub Josef Pinta Petugas SAR Tingkatkan Kemampuan dan Kompetensi

    Wagub Josef Pinta Petugas SAR Tingkatkan Kemampuan dan Kompetensi

    • calendar_month Sen, 29 Jul 2019
    • account_circle Penulis
    • visibility 40
    • 0Komentar

    Loading

    Kupang-NTT, Garda Indonesia | Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi meminta segenap petugas SAR untuk meningkatkan kemampuan fisik maupun kompetensinya. Tujuan Search And Rescue (SAR) menurut Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan adalah bukan menghilangkan kecelakaan, tetapi terutama mengurangi kefatalan dari kecelakaan. “Petugas SAR adalah manusia setengah dewa yang bertugas menyelamatkan nyawa […]

expand_less