PLN dan Dekranasda NTT Bekali 150 UMKM Keterampilan Digital Produk Unggulan
- account_circle Penulis
- calendar_month 6 jam yang lalu
- visibility 32
- comment 0 komentar

![]()
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk UMKM melalui dorongan kreativitas, inovasi, dan pengembangan produk berkelanjutan.
Kupang | Sebagai wujud nyata kepedulian terhadap ekonomi lokal dan dalam rangka memperingati Hari Ibu serta HUT ke-67 NTT, maka PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTT berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTT menghelat pelatihan pengembangan UMKM.
Kegiatan yang berlangsung di Kantor PT PLN (Persero) UIW NTT pada, Rabu, 10 Desember 2025 ini membekali 150 pelaku UMKM dengan materi komprehensif, mulai dari peningkatan kualitas produk hingga strategi pemasaran digital.
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk UMKM melalui dorongan kreativitas, inovasi, dan pengembangan produk berkelanjutan. Selain itu, mendorong pemanfaatan kekayaan budaya Nusantara, seperti wastra, kriya, dan kuliner, sebagai motor penggerak sektor ekonomi kreatif.
Materi pelatihan komprehensif
Para peserta mendapatkan bekal pengetahuan krusial yang langsung berdampak pada legalitas dan perluasan pasar, antara lain:
- Legalitas usaha: Sertifikasi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), Nomor Induk Berusaha (NIB), dan Sertifikasi Halal.
- Kualitas produk: standarisasi keamanan pangan/produk dan teknik pembuatan produk, termasuk desain kemasan yang menarik.
- Akselerasi digital: pelatihan mendalam mengenai strategi digitalisasi pemasaran untuk menembus pasar yang lebih luas.
- Dukungan Kelembagaan: coaching clinic untuk pembentukan UMKM, koperasi, dan akses pembiayaan yang melibatkan empat kementerian, yaitu Kementerian Koperasi, Kementerian UMKM, Kementerian Perdagangan, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Dukungan penuh untuk pertumbuhan UMKM NTT
Ibu Mindriyati Astiningsih Laka Lena, Ketua Dekranasda Provinsi NTT, mengapresiasi dukungan ini. “PLN sangat mendorong tumbuh kembang UMKM melalui pendampingan dan pembinaan yang terstruktur. Dukungan dari perusahaan-perusahaan besar seperti PLN sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan standar produk UMKM, sehingga produk kita dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional,” ungkapnya.
Senada dengan hal tersebut, F. Eko Sulistyono, General Manager PLN UIW NTT, menegaskan kembali komitmen PLN. “Melalui pelatihan ini, PLN ingin membantu UMKM meningkatkan kualitas produk, memperluas pasar, dan mahir memanfaatkan digital marketing. Kami juga mendorong sentuhan kreativitas, misalnya bagaimana menenun tradisional dapat didesain menjadi produk fashion yang menarik dan siap bersaing di pasar yang lebih luas,” tegas Eko.
Mercy Kabnani, salah seorang peserta pelatihan menyampaikan bahwa, “Pelatihan ini sangat bermanfaat karena dapat membuka wawasan saya, terutama soal pemasaran digital dan pengemasan produk. Selama ini saya lebih banyak fokus pada produksi, tapi kurang paham cara pemasaran secara digital. Dengan pelatihan seperti ini, saya jadi lebih percaya diri untuk mengembangkan usaha dan bersaing lebih luas,” ujarnya.
Diharapkan, pelatihan ini menjadi langkah nyata dalam memberdayakan UMKM NTT, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan, dan membuka peluang pasar yang lebih luas bagi produk-produk unggulan daerah.(*)
- Penulis: Penulis
- Editor: Roni Banase
- Sumber: Tim PLN UIW NTT











Saat ini belum ada komentar