Breaking News
light_mode
Trending Tags
Beranda » Nasional » Makin Mudah Laporkan Gangguan Kelistrikan Via PLN Mobile, Ini Caranya

Makin Mudah Laporkan Gangguan Kelistrikan Via PLN Mobile, Ini Caranya

  • account_circle Penulis
  • calendar_month Ming, 28 Nov 2021
  • visibility 1
  • comment 0 komentar

Jakarta, Garda Indonesia | PT PLN (Persero) senantiasa meningkatkan pelayanan kepada pelanggan termasuk dalam pengaduan layanan kelistrikan. Melalui aplikasi PLN Mobile, perseroan menghadirkan layanan pengaduan yang cepat dan real time untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi menjelaskan, fitur pengaduan gangguan pada aplikasi PLN Mobile versi terbaru telah dirancang secara terintegrasi dengan baik ke aplikasi pendukung di outage management, yang terdiri dari pelayanan teknik (Yantek) Mobile, aplikasi pengaduan dan keluhan terpadu (APKT) dan aplikasi pelayanan pelanggan terpusat (AP2T).

Integrasi pada aplikasi ini membuat laporan gangguan dari masyarakat langsung sampai kepada petugas Yantek dan pelanggan dapat memantau progres pengaduan. “Jadi, pelanggan dapat membuat laporan langsung mengenai pemadaman listrik di rumahnya maupun gangguan listrik di sekitarnya hanya dengan klik dan ketik di PLN Mobile,” ujar Agung Murdifi.

Bagi pelanggan yang ingin menyampaikan laporan gangguan layanan kelistrikan melalui PLN Mobile, ada dua opsi yang dapat ditempuh, yakni dengan menggunakan identitas pelanggan terdaftar (ID Pelanggan) atau nomor meteran, atau menggunakan titik lokasi.

Untuk melaporkan masalah dengan menggunakan ID Pelanggan/No Meter dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Pilih menu “Pengaduan”,
  1. Pilih salah satu jenis pengaduan gangguan, perlu untuk diketahui jika jenis gangguan hanya dapat diubah sebelum memilih ID Pelanggan/No. Meter,
  1. Lalu pilih ID Pelanggan/No. Meter yang telah terdaftar pada akun PLN Mobile, atau masukkan ID Pelanggan/No. Meter secara manual jika belum terdaftar, maupun ID Pelanggan/No Meter lainnya. pelanggan juga dapat memilih menu “Gunakan Titik Lokasi”.
  1. Pastikan tagging koordinat lokasi gangguan telah sesuai, kemudian pilih “Konfirmasi”.
  1. Pilih “Ya” apabila telah sesuai
  1. Lampirkan foto kendala (bila ada), dan input deskripsi laporan, lanjutkan dengan memilih “Kirim Pengaduan”,
  1. Pelanggan akan menerima Nomor Laporan dengan format: Gxxxxx. Pilih “OK” sehingga laporan diteruskan ke pihak terkait, sementara layar gawai diteruskan ke halaman Riwayat Pengaduan.

Sementara itu, proses pembuatan laporan pengaduan gangguan dengan menggunakan titik lokasi adalah sebagai berikut:

  1. Pilih menu “Pengaduan”,
  1. Pilih salah satu jenis pengaduan gangguan, perlu untuk diketahui jika jenis gangguan hanya dapat diubah sebelum memilih ID Pelanggan/No. Meter,
  1. Lalu pilih ID Pelanggan/No. Meter yang telah terdaftar pada akun PLN Mobile, atau masukkan ID Pelanggan/No. Meter secara manual jika belum terdaftar, maupun ID Pelanggan/No. Meter lainnya. pelanggan juga dapat memilih menu “Gunakan Titik Lokasi”.
  1. Pastikan tagging koordinat lokasi gangguan telah sesuai, kemudian pilih “Konfirmasi”.
  1. Isikan data lokasi yang sesuai mulai dari Provinsi, Kab/Kota, Kecamatan, hingga Desa/Kelurahan. Kemudian pilih tombol “Lanjutkan”,
  1. Lampirkan foto kendala (bila ada), dan input deskripsi laporan, lanjutkan dengan memilih “Kirim Pengaduan”,
  1. Pelanggan akan menerima Nomor Laporan dengan format: Gxxxxx. Pilih “OK” sehingga laporan diteruskan ke pihak terkait, sementara layar gawai diteruskan ke halaman Riwayat Pengaduan.

Selanjutnya, pelanggan tinggal melacak status penanganan gangguan yang dilakukan oleh petugas PLN terhadap laporan secara real time.

Mulai dari waktu laporan diterima, status petugas menuju lokasi gangguan, status pekerjaan penanganan gangguan oleh petugas hingga status permasalahan pelanggan selesai diatasi.

Bagi pelanggan yang ingin mengetahui status laporan saat ini dapat mencoba cara berikut untuk mengakses halaman status laporan:

  1. Klik fitur pengaduan,
  1. Perhatikan di bawahnya akan ada daftar pengaduan terakhir yang diadukan,
  1. Klik kode pengaduan yang sebelumnya telah didapatkan,
  1. Setelah itu akan ada detail pengaduan,
  1. Silakan cek sampai di mana pengaduannya.

Status laporan pengaduan yang ada dalam PLN Mobile akan berubah seiring dengan proses pelayanan oleh petugas PLN. Total ada 6 status pengaduan, yaitu:

  1. Lapor (Laporan masih bisa di batalkan oleh pelapor)
  2. Penugasan Regu
  3. Dalam Perjalanan
  4. Dalam Pengerjaan
  5. Nyala
  6. Selesai

Pada saat status “Selesai” pelanggan diminta untuk melakukan konfirmasi dengan pilih “Laporan sudah selesai?”. Apabila pelanggan memilih “Ya”, maka akan dilanjutkan ke halaman pemberian Rating dan Ulasan.

Di sisi lain, apabila pelanggan memilih “Tidak” secara otomatis akan terbentuk nomor pengaduan baru.

Khusus untuk laporan pengaduan gangguan pemadaman meluas:

  1. Setelah memilih nomor pengaduan, dan status menjadi “Lapor”. Pelapor masih bisa melakukan pembatalan laporan dengan pilih “Batalkan Laporan”,
  1. Laporan akan ter-automarking dikarenakan banyak rumah padam karena gangguan sistem di sekitar lokasi yang dilaporkan dan status akan berubah menjadi “Info (Padam Meluas)”,
  1. Status baru akan muncul pada saat dilakukan perbaikan oleh petugas di  lapangan, menjadi “Perbaikan oleh Perugas (estimasi xx menit/jam)”,
  1. Pada saat dilakukan penormalan oleh petugas di lapangan, status akan berubah menjadi “Nyala Bertahap”,
  1. Status akan berubah menjadi “Nyala”, ketika kondisi di lapangan telah normal,
  1. Operator akan memperbaharui status menjadi “Selesai” ketika kondisi Lapangan telah normal kembali, pada tahap ini pelapor sudah bisa melakukan konfirmasi dengan memilih opsi di tombol “Laporan sudah selesai?”

Pelanggan juga akan mendapatkan notifikasi info pemadaman terencana atau pemadaman pemeliharaan sesuai lokasi ID Pelanggan yang telah didaftarkan di akunnya masing-masing.

“Maka dari itu, bagi pelanggan PLN yang belum meng-install PLN Mobile dapat segera meng-install secara gratis melalui PlayStore atau AppStore untuk mendapatkan informasi dan layanan kelistrikan terkini,” ucapnya.

Sampai dengan saat ini, lebih dari 16 juta pelanggan telah men-download ‘mengunggah’ dan menikmati beragam fitur menarik dari aplikasi PLN Mobile.(*)

Sumber dan foto (*/ Komunikasi Korporat PLN)

Editor (+roni banase)

  • Penulis: Penulis

Rekomendasi Untuk Anda

  • Pemerintah Lanjut Kartu Prakerja Tahun 2023, NTT Termasuk Penerima

    Pemerintah Lanjut Kartu Prakerja Tahun 2023, NTT Termasuk Penerima

    • calendar_month Sen, 12 Jun 2023
    • account_circle Penulis
    • visibility 1
    • 0Komentar

    Jakarta, Garda Indonesia | Salah satu upaya strategis Pemerintah dalam mendorong peningkatan kompetensi angkatan kerja, Program Kartu Prakerja saat ini telah berhasil menjangkau hingga 16,4 juta penerima manfaat. Antusiasme masyarakat terhadap Program Kartu Prakerja selama tahun 2022 lalu juga mendorong Pemerintah untuk dapat terus melanjutkan program tersebut pada tahun 2023. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga […]

  • Gubernur 2 NTT Ajak Gereja Bangun Sumber Daya Manusia

    Gubernur 2 NTT Ajak Gereja Bangun Sumber Daya Manusia

    • calendar_month Jum, 12 Okt 2018
    • account_circle Penulis
    • visibility 2
    • 0Komentar

    Buraen-Kupang, gardaindonesia.id | “Kita harus bergandengan tangan, baik gereja maupun pemerintah dalam membangun Sumber Daya Manusia di NTT,” himbau Gubernur 2 NTT, Josef Nae Soi saat Peresmian dan Pentabisan Gedung Kebaktian Betesda Buraen, Klasis Amarasi Timur-Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jumat/12 Oktober 2018. Lebih lanjut beliau menyampaikan pentingnya Sumber Daya Manusia yang berkualitas. “Kita […]

  • “Kejahatan Online Tahanan” Terjadi di Sejumlah Lapas

    “Kejahatan Online Tahanan” Terjadi di Sejumlah Lapas

    • calendar_month Rab, 19 Jan 2022
    • account_circle Penulis
    • visibility 1
    • 0Komentar

    Jakarta, Garda Indonesia | Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengungkap sejumlah tindak kejahatan online yang dilakukan tahanan di berbagai lembaga pemasyarakatan (Lapas). Kasus ini pertanda maraknya penggunaan internet dari balik jeruji besi. “Saat ini pelaku sebagai warga binaan dan atau narapidana yang masih menjalani hukuman,” tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan […]

  • Sehat Saat Pandemi, Kemenkumham NTT Olahraga Virtual dengan Sekjen

    Sehat Saat Pandemi, Kemenkumham NTT Olahraga Virtual dengan Sekjen

    • calendar_month Sab, 14 Agu 2021
    • account_circle Penulis
    • visibility 3
    • 0Komentar

    Kupang-NTT, Garda Indonesia | Di tengah penerapan PPKM level 4 di Kota Kupang, pemandangan berbeda pada Jumat pagi, 13 Agustus 2021 di halaman Kanwil Kemenkumham NTT. Tampak Kabag Umum, Mohamad Rusli Hadi, Kabid Pelayanan Hukum, Erni Mamo Li, Kasubbag Pengelolaan Keuangan dan BMN, Yohanis Bely, Kasubbag Kepegawaian, Stefanus Lesu, bersama beberapa ASN yang tengah siap […]

  • Pemuda Oepura Kota Kupang Sumbang Uang Untuk SIAGA

    Pemuda Oepura Kota Kupang Sumbang Uang Untuk SIAGA

    • calendar_month Rab, 30 Okt 2024
    • account_circle Penulis
    • visibility 5
    • 0Komentar

    Simon Petrus Kamlasi memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan oleh seluruh warga RT 31/ RW 11 Kelurahan Oepura, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang khususnya kaum muda.   Kota Kupang | Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur NTT nomor urut 3,  Simon Petrus Kamlasi -Andrianus Garu (SIAGA) terus menuai dukungan dari berbagai kalangan. Kali ini, dukungan datang […]

  • OMK Kapel HKY Bimoku Siap Helat Konser Pembangunan saat ‘Valentine Day 2020’

    OMK Kapel HKY Bimoku Siap Helat Konser Pembangunan saat ‘Valentine Day 2020’

    • calendar_month Kam, 23 Jan 2020
    • account_circle Penulis
    • visibility 2
    • 0Komentar

    Kupang-NTT, Garda Indonesia | Orang Muda Katolik Hati Kudus Yesus (OMK HKY) Bimoku Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui-Kupang akan mengadakan Konser Pembangunan Gereja yang akan dihelat pada tanggal 15 Februari 2020 pukul 18.00 WITA—selesai bertempat di Aula Paroki St. Maria Assumpta Kota Kupang. Pastor Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui RD. Krispinus Saku saat dikonfirmasi wartawan […]

expand_less