Kupang | Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menghelat media gathering bersama awak media massa pada Rabu, 19 Juni 2024 di salah satu restoran di Kota Kupang. Bertema, “Satu dekade program JKN menuju cakupan semesta bermutu dan berkesinambungan” acara itu dirangkai dengan sosialisasi program kekinian.
Ariasto Bau, Kabag Mutu Layanan Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Kupang menyampaikan bahwa para peserta layanan BPJS maupun calon peserta dapat memanfaatkan layanan Pandawa.
Pandawa adalah kanal layanan administrasi yang tidak memerlukan tatap muka atau kontak fisik antara petugas BPJS Kesehatan dengan calon peserta. Layanan ini menggunakan media WhatsApp yang dapat diakses melalui nomor Pandawa BPJS yaitu 08118165165.
Calon peserta yang ingin menggunakan layanan ini hanya perlu menyimpan kontak Pandawa dan menghubungi mereka melalui WhatsApp dan layanan Pandawa dapat merespons cepat sehingga tidak menunggu sampai satu jam.
Sementara itu, imbuh Ariasto Bau, jika Anda menghubungi Pandawa di luar hari dan jam kerja, maka layanan tidak dapat diakses. Selain itu, ketika sudah mengikuti cara daftar Pandawa BPJS Kesehatan harap mengisi formulir pendaftaran dalam waktu 60 menit.
“Jika lewat dari 60 menit, maka Anda harus mengulang pendaftaran dari tahap awal,” tandasnya.
Layanan Pandawa khusus memberikan pelayanan administrasi BPJS Kesehatan untuk layanan pengaduan dapat disampaikan melalui kanal layanan pengaduan BPJS Kesehatan melalui: Care Center 165, Mobile JKN, Lapor!, Kantor Cabang, mall pelayanan publik, BPJS Keliling, rumah sakit, dan FKTP.
Penulis (+Roni Banase)