Breaking News
light_mode
Trending Tags
Beranda » Nasional » “Pelayanan Prima” Standar Pelayanan Publik BPS Provinsi NTT

“Pelayanan Prima” Standar Pelayanan Publik BPS Provinsi NTT

  • account_circle Penulis
  • calendar_month Ming, 16 Feb 2025
  • visibility 4
  • comment 0 komentar
Saat ini, penyelenggaraan data pemerintah masih terdapat keberagaman data dan metodologi, duplikasi dan minimnya keterpaduan data pemerintah yang berdampak pada efektivitas anggaran data pemerintah, dan ego sektoral dalam penyelenggaraan data, serta keengganan berbagi pakai data antar-instansi pemerintah.

 

Kupang | Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Timur (BPS Provinsi NTT) konsisten memotret dan memoles standar pelayanan publik. Berbagai terobosan dan pembaruan dilakukan demi ketersediaan data pemerintah yang berkualitas dan terintegrasi sesuai dengan visi Indonesia Emas 2045.

BPS sebagai penyedia data makro atau statistik dasar menghasilkan data statistik untuk mempresentasikan kondisi makro sosial ekonomi pada tingkat nasional, regional dan kabupaten atau kota. Sementara kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah (Pemda) menghasilkan data statistik untuk intervensi kebijakan sosial ekonomi pada target sasaran individu (mikro).

Kepala BPS Provinsi NTT, Matamira Benggu Kale, S.Si., M.Si. dalam sesi focus group discussion review dan evaluasi standar pelayanan publik dan standar pelayanan BPS Provinsi NTT pada Kamis pagi, 13 Februari 2025, mengatakan data sektoral (statistik mikro) masih beragam, dan ego sektoral dalam penyelenggaraan data, maka diperlukan kolaborasi pemangku kepentingan untuk memadukan data berkualitas untuk kebutuhan pembangunan.

BPS, imbuh Matamira, bertanggung jawab dalam penyelenggaraan statistik dasar (makro) seperti sensus penduduk, sensus pertanian, dan sensus ekonomi. Dan BPS menyelenggarakan berbagai survei untuk memenuhi indikator-indikator SDGs.

“Hasil sensus dan survei yang dilakukan BPS telah dipublikasikan ke berbagai media dan dapat diakses melalui laman atau website http://ntt.bps.go.id Dan dalam website ini sudah tersedia berbagai produk diseminasi, publikasi, berita resmi statistik, dan infografis yang dapat diunduh secara gratis oleh masyarakat,” bebernya.

Matamira pun menyampaikan BPS Provinsi NTT terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan yang prima yang cepat, mudah, terjangkau dan terukur. “Harapannya jika dilakukan pelayanan publik yang prima, maka tidak lagi ditemukan permasalahan dari pengguna data (stakeholder) seperti ketidakjelasan standar pelayanan dan informasi biaya pelayanan,” imbuhnya.

Pose bersama BPS Provinsi NTT dan perwakilan masyarakat dalam sesi FGD review pelayanan publik dan standar pelayanan

Indikator pelayanan publik, beber Matamira, sesuai dengan Permenpan RB Nomor 5 Tahun 2023 tentang Mekanisme dan Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang menggunakan 3 (tiga) formulir yakni formulir 1 berupa data objektif oleh unit pelayanan publik, formulir 2 oleh evaluator KemenPANRB, dan formulir 3 berupa survei kepuasan masyarakat oleh pengguna layanan.

“Indeks pelayanan publik BPS Provinsi NTT nilai 4,56 kategori pelayanan prima (dari interval skala 0—5),” tandas Matamira.

Adapun range nilai dan kategori indikator kualitas pelayanan publik sebagai berikut:

  • 0—1,00 kategori F gagal;
  • 1,01—1,50 kategori E sangat buruk;
  • 1,51—2,00 kategori D buruk;
  • 2,01—2,50 kategori C- cukup dengan catatan;
  • 2,51—3,00 kategori C cukup;
  • 3,01—3,50 kategori B- baik dengan catatan;
  • 3,51—4,00 kategori B baik;
  • 4,01—4,50 kategori A- sangat baik;
  • 4,51—5,00 kategori A pelayanan prima.

BPS Provinsi NTT terus berbenah diri

Standar pelayanan diterapkan BPS Provinsi NTT secara konsisten dihelat melalui penyelenggaraan focus group discussion (FGD) sejak tahun 2018.

Indra Achmad Sofian Souri, S.ST., M.Si. Statistisi Ahli Madya BPS Provinsi NTT/Ketua Tim Diseminasi dan Layanan Statistik BPS Provinsi NTT menjelaskan bahwa pelayanan statistik terpadu ditetapkan via Perka BPS Nomor 21/2011, kemudian BPS Provinsi NTT melakukan review dan FGD standar pelayanan BPS provinsi dan kabupaten/kota pada tahun 2018. Selanjutnya dilakukan lagi review FGD pada tahun 2021 dan 2023. Kemudian pada tahun 2024 dilakukan review dan FGD dengan BPS Pusat dengan hasil penetapan standar pelayanan (SP) melalui Perka BPS Nomor 65 Tahun 2024.

Dibeberkan Indra Souri, standar pelayanan statistik terpadu BPS tahun 2025 berupa konsultasi statistik, perpustakaan, produk statistik berbayar, dan rekomendasi kegiatan statistik.

Selain itu, imbuh Indra Souri, penyusunan standar pelayanan wajib mengikutsertakan masyarakat dan pihak terkait serta mengacu pada ketentuan teknis yang telah ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan melalui PP Nomor 96 Tahun 2012 Bab IV. Sementara evaluasi standar pelayanan berkala setiap 1 (satu) tahun, hasil evaluasi dapat dijadikan dasar untuk meninjau dan menyempurnakan standar pelayanan. Dan review wajib dilakukan peninjauan ulang setiap 3 (tiga) tahun.

Hadir dan dilakukan penandatanganan berita acara standar pelayanan BPS Provinsi NTT yakni perwakilan Bank Indonesia NTT, Akademisi UNWIRA Kupang, Dinas Kominfo Provinsi NTT, Komisi Informasi Publik Provinsi NTT, Perpustakaan Daerah, Portal Berita Garda Indonesia, Ombudsman NTT, Dinas Kesehatan Provinsi NTT, SKALA, dan Kantor Camat Oebobo.

Penulis (+roni banase)

 

 

  • Penulis: Penulis

Komentar (0)

Saat ini belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Rekomendasi Untuk Anda

  • Sengketa Pilkada Boven Digoel Papua, Dr. Firman Sambut Baik Putusan MK

    Sengketa Pilkada Boven Digoel Papua, Dr. Firman Sambut Baik Putusan MK

    • calendar_month Kam, 25 Mar 2021
    • account_circle Penulis
    • visibility 2
    • 0Komentar

    Jakarta, Garda Indonesia | Putusan sengketa pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) 2020 yang dihelat Mahkamah Konstitusi (MK, red) terhadap 13 perkara secara daring pada Senin, 22 Maret 2021, mendapat perhatian dari Ketua Umum Persatuan Advokat Indonesia (Peradin) Dr. Firman Wijaya, S.H., M.H. Dr. Firman menyambut baik putusan MK terkait sengketa perselisihan hasil Pilkada Kabupaten Boven […]

  • 3.511 Keluarga Kurang Mampu di NTT Bakal Dapat Listrik PLN

    3.511 Keluarga Kurang Mampu di NTT Bakal Dapat Listrik PLN

    • calendar_month Sen, 4 Apr 2022
    • account_circle Penulis
    • visibility 2
    • 0Komentar

    Kupang, Garda Indonesia | PT PLN (Persero) melalui program PLN Peduli akan menyalurkan bantuan penyambungan listrik untuk 3.511 kepala keluarga kurang mampu di Nusa Tenggara Timur secara bertahap sepanjang tahun 2022. Program ini merupakan salah satu upaya PLN dalam mendukung program pemerintah untuk mengurangi kemiskinan ekstrem di Indonesia. Salah satu desa yang mendapatkan sambungan listrik […]

  • Partisipasi Anak Rendah, Kemen PPPA Perkuat & Tingkatkan Kapasitas Anak

    Partisipasi Anak Rendah, Kemen PPPA Perkuat & Tingkatkan Kapasitas Anak

    • calendar_month Jum, 13 Sep 2019
    • account_circle Penulis
    • visibility 1
    • 0Komentar

    Bali, Garda Indonesia | Partisipasi anak, merupakan satu dari 5 hak dasar anak yang terendah dalam hal pemenuhannya. Indeks Komposit Kesejahteraan Anak (IKKA) Nasional Tahun 2015 menunjukkan capaian hak partisipasi anak berada pada angka 51,29 atau paling rendah dibanding hak tumbuh kembang (67,26), perlindungan (75,53), kelangsungan hidup (77,28) dan identitas (80,52). “Salah satu hak anak […]

  • Nikodemus Rihi Heke : Saya Berteman dengan Semua Partai Politik

    Nikodemus Rihi Heke : Saya Berteman dengan Semua Partai Politik

    • calendar_month Ming, 6 Sep 2020
    • account_circle Penulis
    • visibility 1
    • 0Komentar

    Kupang-NTT, Garda Indonesia | Calon Petahana Pilkada Sabu Raijua, Nikodemus Rihi Heke yang akrab disapa Mabala menyampaikan harapannya terkait pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua periode 2020—2025. Kepada Garda Indonesia pada Minggu siang, 6 September 2020, dirinya ingin agar proses pemilu di Pulau Seribu Lontar tersebut dapat berjalan lancar dan aman. Sebagai Petahana, […]

  • Usif Bill Nope Nilai SPK Bergaya Kepemimpinan Soekarno

    Usif Bill Nope Nilai SPK Bergaya Kepemimpinan Soekarno

    • calendar_month Sab, 21 Sep 2024
    • account_circle Penulis
    • visibility 3
    • 0Komentar

    SoE | Puluhan ribu massa memadati lapangan Puspemnas Kota Soe, Timor Tengah Selatan (TTS) pada Sabtu 21 September 2024. Mereka hadir mengikuti deklarasi akbar pasangan calon gubernur dan wakil gubernur NTT,  Simon Petrus Kamlasi-Adrianus Garu (SIAGA). Massa yang hadir berasal dari sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten TTS. Mereka bahkan mulai berdatangan sejak pukul 10:00 […]

  • Aksi Massa dan Provokator Warnai Pengadaan Lahan PLTP Ulumbu, Pemda Manggarai Tetap Humanis

    Aksi Massa dan Provokator Warnai Pengadaan Lahan PLTP Ulumbu, Pemda Manggarai Tetap Humanis

    • calendar_month Kam, 3 Okt 2024
    • account_circle Penulis
    • visibility 2
    • 0Komentar

    Manggarai | Tim persiapan pengadaan lahan pemerintah daerah Manggarai berhasil menyelesaikan tahapan identifikasi lahan untuk pengembangan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Ulumbu Unit 5-6, khususnya akses jalan menuju wellpad D di Desa Lungar, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai. Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Manggarai, Marianus Yosef Jelamu, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan […]

expand_less