Breaking News
light_mode
Trending Tags
Beranda » Nasional » “Pelayanan Prima” Standar Pelayanan Publik BPS Provinsi NTT

“Pelayanan Prima” Standar Pelayanan Publik BPS Provinsi NTT

  • account_circle Penulis
  • calendar_month Ming, 16 Feb 2025
  • visibility 54
  • comment 0 komentar

Loading

Saat ini, penyelenggaraan data pemerintah masih terdapat keberagaman data dan metodologi, duplikasi dan minimnya keterpaduan data pemerintah yang berdampak pada efektivitas anggaran data pemerintah, dan ego sektoral dalam penyelenggaraan data, serta keengganan berbagi pakai data antar-instansi pemerintah.

 

Kupang | Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Timur (BPS Provinsi NTT) konsisten memotret dan memoles standar pelayanan publik. Berbagai terobosan dan pembaruan dilakukan demi ketersediaan data pemerintah yang berkualitas dan terintegrasi sesuai dengan visi Indonesia Emas 2045.

BPS sebagai penyedia data makro atau statistik dasar menghasilkan data statistik untuk mempresentasikan kondisi makro sosial ekonomi pada tingkat nasional, regional dan kabupaten atau kota. Sementara kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah (Pemda) menghasilkan data statistik untuk intervensi kebijakan sosial ekonomi pada target sasaran individu (mikro).

Kepala BPS Provinsi NTT, Matamira Benggu Kale, S.Si., M.Si. dalam sesi focus group discussion review dan evaluasi standar pelayanan publik dan standar pelayanan BPS Provinsi NTT pada Kamis pagi, 13 Februari 2025, mengatakan data sektoral (statistik mikro) masih beragam, dan ego sektoral dalam penyelenggaraan data, maka diperlukan kolaborasi pemangku kepentingan untuk memadukan data berkualitas untuk kebutuhan pembangunan.

BPS, imbuh Matamira, bertanggung jawab dalam penyelenggaraan statistik dasar (makro) seperti sensus penduduk, sensus pertanian, dan sensus ekonomi. Dan BPS menyelenggarakan berbagai survei untuk memenuhi indikator-indikator SDGs.

“Hasil sensus dan survei yang dilakukan BPS telah dipublikasikan ke berbagai media dan dapat diakses melalui laman atau website http://ntt.bps.go.id Dan dalam website ini sudah tersedia berbagai produk diseminasi, publikasi, berita resmi statistik, dan infografis yang dapat diunduh secara gratis oleh masyarakat,” bebernya.

Matamira pun menyampaikan BPS Provinsi NTT terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan yang prima yang cepat, mudah, terjangkau dan terukur. “Harapannya jika dilakukan pelayanan publik yang prima, maka tidak lagi ditemukan permasalahan dari pengguna data (stakeholder) seperti ketidakjelasan standar pelayanan dan informasi biaya pelayanan,” imbuhnya.

Pose bersama BPS Provinsi NTT dan perwakilan masyarakat dalam sesi FGD review pelayanan publik dan standar pelayanan

Indikator pelayanan publik, beber Matamira, sesuai dengan Permenpan RB Nomor 5 Tahun 2023 tentang Mekanisme dan Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang menggunakan 3 (tiga) formulir yakni formulir 1 berupa data objektif oleh unit pelayanan publik, formulir 2 oleh evaluator KemenPANRB, dan formulir 3 berupa survei kepuasan masyarakat oleh pengguna layanan.

“Indeks pelayanan publik BPS Provinsi NTT nilai 4,56 kategori pelayanan prima (dari interval skala 0—5),” tandas Matamira.

Adapun range nilai dan kategori indikator kualitas pelayanan publik sebagai berikut:

  • 0—1,00 kategori F gagal;
  • 1,01—1,50 kategori E sangat buruk;
  • 1,51—2,00 kategori D buruk;
  • 2,01—2,50 kategori C- cukup dengan catatan;
  • 2,51—3,00 kategori C cukup;
  • 3,01—3,50 kategori B- baik dengan catatan;
  • 3,51—4,00 kategori B baik;
  • 4,01—4,50 kategori A- sangat baik;
  • 4,51—5,00 kategori A pelayanan prima.

BPS Provinsi NTT terus berbenah diri

Standar pelayanan diterapkan BPS Provinsi NTT secara konsisten dihelat melalui penyelenggaraan focus group discussion (FGD) sejak tahun 2018.

Indra Achmad Sofian Souri, S.ST., M.Si. Statistisi Ahli Madya BPS Provinsi NTT/Ketua Tim Diseminasi dan Layanan Statistik BPS Provinsi NTT menjelaskan bahwa pelayanan statistik terpadu ditetapkan via Perka BPS Nomor 21/2011, kemudian BPS Provinsi NTT melakukan review dan FGD standar pelayanan BPS provinsi dan kabupaten/kota pada tahun 2018. Selanjutnya dilakukan lagi review FGD pada tahun 2021 dan 2023. Kemudian pada tahun 2024 dilakukan review dan FGD dengan BPS Pusat dengan hasil penetapan standar pelayanan (SP) melalui Perka BPS Nomor 65 Tahun 2024.

Dibeberkan Indra Souri, standar pelayanan statistik terpadu BPS tahun 2025 berupa konsultasi statistik, perpustakaan, produk statistik berbayar, dan rekomendasi kegiatan statistik.

Selain itu, imbuh Indra Souri, penyusunan standar pelayanan wajib mengikutsertakan masyarakat dan pihak terkait serta mengacu pada ketentuan teknis yang telah ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan melalui PP Nomor 96 Tahun 2012 Bab IV. Sementara evaluasi standar pelayanan berkala setiap 1 (satu) tahun, hasil evaluasi dapat dijadikan dasar untuk meninjau dan menyempurnakan standar pelayanan. Dan review wajib dilakukan peninjauan ulang setiap 3 (tiga) tahun.

Hadir dan dilakukan penandatanganan berita acara standar pelayanan BPS Provinsi NTT yakni perwakilan Bank Indonesia NTT, Akademisi UNWIRA Kupang, Dinas Kominfo Provinsi NTT, Komisi Informasi Publik Provinsi NTT, Perpustakaan Daerah, Portal Berita Garda Indonesia, Ombudsman NTT, Dinas Kesehatan Provinsi NTT, SKALA, dan Kantor Camat Oebobo.

Penulis (+roni banase)

 

 

  • Penulis: Penulis

Komentar (0)

Saat ini belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Rekomendasi Untuk Anda

  • Tua Adat Nua Wogo Bajawa Ajak PLN dan Media Kembangkan Desa Wisata

    Tua Adat Nua Wogo Bajawa Ajak PLN dan Media Kembangkan Desa Wisata

    • calendar_month Rab, 29 Okt 2025
    • account_circle Tim PLN UIP Nusra
    • visibility 314
    • 0Komentar

    Loading

    Tua Adat sekaligus Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Nua Wogo, Yohanes Baghi, menyampaikan apresiasi atas kehadiran PLN dan komitmen perusahaan yang terus membuka ruang dialog dengan masyarakat.   Bajawa | Kunjungan PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra) bersama rombongan wartawan NTT ke kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Mataloko […]

  • Kapal Cantika Terbakar, 14 Korban Meninggal dan 226 Orang Selamat

    Kapal Cantika Terbakar, 14 Korban Meninggal dan 226 Orang Selamat

    • calendar_month Sen, 24 Okt 2022
    • account_circle Penulis
    • visibility 48
    • 0Komentar

    Loading

    Kupang, Garda Indonesia | Kapal motor (KM) Express Cantika 77 tujuan Kupang – Alor berangkat meninggalkan Pelabuhan Tenau Kupang menuju Alor pada Senin, 24 Oktober 2022 Pukul 11.00 WITA; membawa penumpang sebanyak 167 orang dan kru kapal sebanyak 10 orang. Laporan intelijen menyebutkan bahwa sekitar pukul 13.40 WITA, KM Express Cantika 77 tujuan Kupang – […]

  • Minimalkan Dampak Bencana di NTT, BMKG Pasang ‘WRS New Gen’

    Minimalkan Dampak Bencana di NTT, BMKG Pasang ‘WRS New Gen’

    • calendar_month Sel, 30 Jun 2020
    • account_circle Penulis
    • visibility 56
    • 0Komentar

    Loading

    Kupang-NTT, Garda Indonesia | Kini, WRS NewGen terpasang di Stasiun Geofisika Kupang pada Rabu, 24 Juni 2020. Warning Receiver System (WRS) merupakan salah satu alat yang digunakan untuk penyebaran informasi gempa bumi dan tsunami melalui komputer BMKG kepada komputer institusi lokal (pemerintahan, TNI, POLRI, media televisi, radio, dan lain-lain) dengan pendaftaran IP Address. Sholakhudin Noor […]

  • Bank Indonesia Perwakilan NTT Peduli Belajar Daring 16 Lembaga Pendidikan

    Bank Indonesia Perwakilan NTT Peduli Belajar Daring 16 Lembaga Pendidikan

    • calendar_month Kam, 25 Feb 2021
    • account_circle Penulis
    • visibility 57
    • 0Komentar

    Loading

    Kupang-NTT, Garda Indonesia | Bank Indonesia (BI) Perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT) memberikan perhatian atas kondisi pembelajaran daring (dalam jaringan) atau online yang sedang diterapkan oleh para lembaga pendidikan di masa pandemi Covid-19. Bertolak dari kondisi tersebut, maka BI Perwakilan NTT membangun kemitraan dengan Forum Taman Baca Masyarakat (Forum TBM) dalam menyasar dan menetapkan penerima […]

  • Poin-poin Super Penting RUPS Bank NTT 2024

    Poin-poin Super Penting RUPS Bank NTT 2024

    • calendar_month Sen, 13 Mei 2024
    • account_circle Penulis
    • visibility 48
    • 0Komentar

    Loading

    Kupang, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Bank NTT untuk Tahun Buku (TB) 2023 dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) Tahun 2024, telah dilaksanakan di aula Fernandes Kantor Gubernur NTT pada Rabu, 8 Mei 2024. RUPS TB 2023 dan RUPS LB 2024 dipimpin Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake sebagai pemegang saham pengendali […]

  • Gubernur NTT : Pariwisata Bukan Persoalan Halal atau Haram

    Gubernur NTT : Pariwisata Bukan Persoalan Halal atau Haram

    • calendar_month Sab, 22 Mei 2021
    • account_circle Penulis
    • visibility 41
    • 0Komentar

    Loading

    Labuan Bajo, Garda Indonesia | “Saya senang karena banyak sekali teman-teman hadir malam ini dan saya bangga kepada panitia API (Anugerah Pesona Indonesia, red), terutama Pak Rio Kapela selaku penasihat yang telah bekerja luar biasa dan kita harapkan, ke depan apresiasi ini menjadi sebuah kekuatan lembaga yang dapat memberikan apresiasi terhadap seluruh destinasi pariwisata di […]

expand_less